HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN PENDERITA TUBERKULOSIS PARU TERHADAP KEPATUHAN MINUM OBAT DI PUSKESMAS WARUNGPRING KOTA PEMALANG

Alfa, Zahra Syani (2023) HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN PENDERITA TUBERKULOSIS PARU TERHADAP KEPATUHAN MINUM OBAT DI PUSKESMAS WARUNGPRING KOTA PEMALANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
33101800092_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tuberculosis paru merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis. Angka kesembuhan dan keberhasilan pengobatan TB paru tahun 2020 di wilayah Jawa Tengah sebesar 84,8%. Namun masih ditemukan adanya beberapa pasien yang tidak melakukan tindakan minum obat dengan baik. Tujuan dilakukanya penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pengetahuan, sikap dan tindakan penderita tuberculosis paru terhadap kepatuhan minum obat di puskesmas Warungpring Kota Pemalang. Penelitian ini menggunakan desain analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel yang didapatkan sebanyak 36 responden yang terdiri dari pasien tuberculosis paru di puskesmas Warungpring Kota Pemalang. Alat ukur penelitian menggunakan kuesioner yang telah dinyatakan valid dan realiabel. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi spearman correlation. Dari uji statistik korelasi sperman didapatkan hasil hubungan antara pengetahuan, sikap dan tindakan dengan kepatuhan minum obat berturut turut mendapat nilai signifikansi 0,028, 0,016 0,008, dapat dikatakan bahwa keempat variabel memiliki hubungan positif yang signifikan. Kesimpulan penelitian ini yaitu pengetahuan, sikap dan tindakan TB paru memiliki hubungan positif yang signifikan dengan kepatuhan minum obat di puskesmas Warungpring Kota Pemalang. Kata kunci: Tuberkulosis, Pengetahuan, Sikap, Tindakan, Kepatuhan Minum Obat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Farmasi
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:30
Last Modified: 26 Jul 2023 02:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29924

Actions (login required)

View Item View Item