EFEKTIVITAS SELF INSTRUCTIONAL MODULE TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PEREMPUAN DALAM MENGHADAPI MENOPAUSE DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BONANG 1

Nihlah, Echa Himmatun (2023) EFEKTIVITAS SELF INSTRUCTIONAL MODULE TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PEREMPUAN DALAM MENGHADAPI MENOPAUSE DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BONANG 1. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900061_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900061_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)

Abstract

Latar Belakang : Sebagian perempuan beranggapan bahwa menopause merupakan gangguan yang dapat menimbulkan rasa cemas dan ketidaksiapan di dalam kehidupannya, sehingga dapat memengaruhi kualitas hidup perempuan secara keseluruhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya efektivitas dari self instructional module terhadap pengetahuan dan sikap perempuan dalam menghadapi menopause di wilayah kerja Puskesmas Bonang 1. Metode : Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain quasi eksperimen menggunakan metode pre test-post test with control group. Dalam pengambilan sampel peneliti menggunakan pusposive sampling dengan total 34 responden pada kelompok intervensi dan 34 responden pada kelompok kontrol. Analisa data pada penelitian ini diolah dengan SPSS statistics 24 menggunakan uji Shapiro Wilk untuk mengetahui normalitas data, kemudian dilakukan uji Wilcoxon sampai dengan dilakukan uji Mann Whitney untuk pengajuan hipotesis. Hasil : Berdasarkan hasil analisa penelitian dari 34 responden, menunjukkan ada efektivitas self instructional module terhadap pengetahuan dan sikap perempuan dalam menghadapi menopause di wilayah kerja Puskesmas Bonang 1, pada uji Mann Whitney dengan nilai Asym.Sig (2-tailed) sebesar .001 pada kategori tingkat pengetahuan dan nilai Asym.Sig (2-tailed) sebesar .000 pada kategori sikap (<0.05). Simpulan : Ada efektivitas self instructional module terhadap pengetahuan dan sikap perempuan dalam menghadapi menopause di wilayah kerja Puskesmas Bonang 1. Kata kunci : Self Instructional Module, Pengetahuan dan sikap Premenopause Daftar Pustaka : 60 (2012-2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 28 Jul 2023 06:41
Last Modified: 28 Jul 2023 06:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29915

Actions (login required)

View Item View Item