PELAKSANAAN MEDIASI AKIBAT TERJADINYA WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN UTANG PIUTANG (STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR : 212/PDT.G/2021/PN SMG)

Fatayat, Febriani Afifatul (2023) PELAKSANAAN MEDIASI AKIBAT TERJADINYA WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN UTANG PIUTANG (STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR : 212/PDT.G/2021/PN SMG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text
30301900135_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penulisan Skripsi ini mengambil judul Pelaksanaan Mediasi Akibat Terjadinya Wanprestasi Dalam Perjanjian Utang Piutang (Studi Kasus Putusan Nomor: 212/Pdt.G/2021/PN Smg). Adapun yang melatarbelakangi penulis mengambil penulisan tersebut karena banyaknya kasus yang terjadi di Indonesia terutama kasus mengenai perjanjian yang harus dilarikan ke Pengadilan. Sehingga penulisan ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Mediasi Akibat Terjadinya Wanprestasi Dalam Perjanjian Utang Piutang, dan juga mengetahui Peran Mediator dalam penyelesaian perselisihan perkara wanprestasi melalui jalur mediasi. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode pendekatan secara yuridis sosiologis dengan menggunakan data primer sebagai data utamanya. Teknik pengumpulan data primer yaitu dengan wawancara kepada Mediator Hakim Pengadilan Negeri Semarang, serta menggunakan data sekunder dan tersier. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif yaitu ditafsirkan secara logis dan sistematis kemudian ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa proses pelaksanaan mediasi terhadap kasus wanprestasi di Pengadilan Negeri Semarang telah sesuai dengan Perma No. 1 Tahun 2016. Peran mediator dalam penyelesaian perkara wanprestasi melalui jalur mediasi sangat penting untuk memberikan pencerahan dan membuka pikiran para pihak, untuk menyelesaikan perselisihan. Kata Kunci: Pelaksanaan Mediasi, Wanprestasi, Utang Piutang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:46
Last Modified: 27 Jul 2023 06:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29910

Actions (login required)

View Item View Item