HUBUNGAN SELF CARE MANAGEMENT DAN LAMA MENJALANI HEMODIALISIS DENGAN INTERDIALYTIC WEIGHT GAIN (IDWG) PADA PASIEN HEMODIALISIS

Wicaksono, Diva (2022) HUBUNGAN SELF CARE MANAGEMENT DAN LAMA MENJALANI HEMODIALISIS DENGAN INTERDIALYTIC WEIGHT GAIN (IDWG) PADA PASIEN HEMODIALISIS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900058_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900058_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)

Abstract

Latar Belakang : Self management merupakan kemampuan individu dalam melakukan aktifitas perawatan diri untuk mempertahankan hidup, meningkatkan, dan memelihara kesehatan serta kesejahteraan individu. Lama menjalani Hemodialisis adalah seberapa waktu atau lamanya menjalani hemodialisa. Interdialytic Body Weight Gains (IDWG) adalah peningkatan volume cairan yang dimanifestasikan dengan peningkatan berat badan sebagai indikator untuk mengetahui jumlah cairan yang masuk selama periode interdialitik dan kepatuhan pasien terhadap pengaturan cairan pada pasien yang mendapatkan terapi hemodialisis. Tujuan : Mengetahui hubungan self care management dan lama menjalani hemodialisis dengan interdialytic weight gain (IDWG) pada pasien hemodialisis. Metode : Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan adalah pasien hipertensi di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Teknik yang digunakan adalah purposive sampling sebanyak 62 responden. Uji korelasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji somers’D. Hasil : Nilai r= -0,438 dengan p value= 0.001 (p <0.5). Hal ini berarti bahwa ada hubungan yang signifikan antara self care management dengan interdialytic weight gain (IDWG). Dengan nilai korelasi tersebut menunjukkan adanya hubungan tingkat sedang antara self care management dengan interdialytic weight gain (IDWG). Nilai r= -0,387 dengan p value= 0.011 (p <0.5). Hal ini berarti bahwa ada hubungan yang signifikan antara lama menjalani hemodialisis dengan interdialytic weight gain (IDWG). Dengan nilai korelasi tersebut menunjukkan adanya hubungan tingkat sedang antara lama menjalani hemodialisis dengan interdialytic weight gain (IDWG). Simpulan : Dari hasil penelitian yang didapatkan Sebagian besar responden berada dalam self care management yang tinggi. Sebagian besar responden berada dalam lama menjalani hemodialisis selama 12-24 bulan. Sebagian besar responden berada dalam interdialytic weight gain (IDWG) yang ringan. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara self care management dan lama menjalani hemodialisis dengan interdialytic weight gain (IDWG) pada pasien hemodialisis. Kata kunci : Self care management, lama menjalani hemodialisis, interdialytic weight gain (IDWG), hemodialisis. Daftar Pustaka : 43 (2014-2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:45
Last Modified: 27 Jul 2023 06:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29896

Actions (login required)

View Item View Item