PENGARUH KOMBINASI TERAPI MUROTTAL AL-QUR’AN SURAT AR-RAHMAN DAN GREEN COLOUR BREATHING TERHADAP KECEMASAN IBU PRE-OPERASI SC DI RS ISLAM SULTAN AGUNG

Ayuk Restu Ningsih, Dewi (2023) PENGARUH KOMBINASI TERAPI MUROTTAL AL-QUR’AN SURAT AR-RAHMAN DAN GREEN COLOUR BREATHING TERHADAP KECEMASAN IBU PRE-OPERASI SC DI RS ISLAM SULTAN AGUNG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900049_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900049_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)

Abstract

Latar Belakang: sectio caesarea adalah persalinan buatan dimana janin dilahirkan melalui inisiasi pada dinding perut dan dinding rahim sengan cara disayat. Tindakan tersebut menyebabkan adanya kecemasan yang berlebih pada ibu hamil yang akan menjalani operasi sectio caesarea. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh kombinasi terapi murottal al-qur’an sura tar-rahman dan green colour breathing terhadap kecemasan ibu pre-operasi sc Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-eksperimental. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group with control pre-test posttest. Peneliti menggunakan kelompok control sebagai pembanding. Sampel penelitian ini berjumlah 37 responden di setiap kelompok. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2022-Januari 2023 di RSI Sultan Agung. Data dianalisis secara univariat dan bivariat Hasil: berdasarkan hasil uji Wilcoxon didapatkan nilai p value sebesar 0,000 (p<0,05) sehingga Ha dapat diterima, dan pada uji mann withney didapatkan hasil nilai p value (p<0,05) yang bermakna terdapat perbedaan sebelum dilakukan terapi dan setelah dilakukan terapi sehingga H1 dapat diterima Simpulan: Terdapat pengaruh antara pemberian terapi pada kelompok intervensi dan kelompok control terhadap penurunan keccemasan ibu pre-operasi SC Kata kunci : Kecemasan Pre-Operasi Sectio Caesarea, Terapi Murottal Ar-Rahman, Terapi Warna Hijau Daftar Pustaka : 65 (2013-2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Jul 2023 01:54
Last Modified: 27 Jul 2023 01:54
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29887

Actions (login required)

View Item View Item