HUBUNGAN TINGKAT SPIRITUALITAS DAN PERUBAHAN FUNGSI SEKSUALITAS TERHADAP KEHARMONISAN KELUARGA PADA PASIEN CA MAMMAE DI RS ISLAM SULTAN AGUNG

Nur Fitriyaningrum, Devika (2023) HUBUNGAN TINGKAT SPIRITUALITAS DAN PERUBAHAN FUNGSI SEKSUALITAS TERHADAP KEHARMONISAN KELUARGA PADA PASIEN CA MAMMAE DI RS ISLAM SULTAN AGUNG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900046_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900046_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB)

Abstract

Latar Belakang: Kanker payudara berpengaruh terhadap kualitas hidup karena payudara ialah bagian yang sangat berhubungan dengan feminitas, seksualitas, dan keibuan. Disfungsi Seksual adalah kelainan seksual, sehingga kenikmatan seksual seseorang menurun. Sehingga dukungan keluarga membangun keharmonisan keluarga termasuk faktor yang dapat memengaruhi keharmonisan keluarga . Metode: Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskripsi korelasional untuk mencari hubungan antar variable dengan pendekatan crossectional. Uji statistik menggunakan uji univariat dan uji korelasi spearman rank. Penelitian menggunakan 3 kuesioner untuk tingkat spiritualitas, keharmonisan keluarga, dan perubahan fungsi seksualitas. Hasil: Hasil uji korelasi spearman rank dalam data untuk hubungan keharmonisan keluarga dengan perubahan fungsi seksual mendapatkan r -0,214 dengan p value 0,031 sedangkan untuk data keharmonisan keluarga dan tingkat spiritualitas mendapatkan r 0,233 dengan p value 0,019. Simpulan: Hasil uji kerolasi spearman rank didapatkan adanya hubungan tingkat spiritualitas dan perubahan fungsi seksualitas terhadap keharmonisan keluarga dengan kekuatan variable yang sangat lemah. Kata kunci : Kanker Payudara, Disfungsi Seksual, Tingkat Spiritualitas, Dukungan Keluarga, Keharmonisan keluarga Daftar Pustaka : 36 (2016-2023)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Jul 2023 01:37
Last Modified: 27 Jul 2023 01:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29884

Actions (login required)

View Item View Item