EFEKTIFITAS TEKNIK DISTRAKSI AKTIF DAN PASIF DALAM MENURUNKAN NYERIPASCA OPERASI PADA ANAKUSIA SEKOLAH DIRSD K.R.M.T WONGSONEGORO

Ayu Utami, Delly (2023) EFEKTIFITAS TEKNIK DISTRAKSI AKTIF DAN PASIF DALAM MENURUNKAN NYERIPASCA OPERASI PADA ANAKUSIA SEKOLAH DIRSD K.R.M.T WONGSONEGORO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900044_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900044_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)

Abstract

Latar Belakang: Nyeri harus segera ditangani karena dapat menyebabkan trauma dan komplikasi. Penderita nyeri akan merasakan secara fisik maupun perilaku seperti: marah, sedih, takut, dan khawatir. Rasa nyeri untuk menurunkannya maka bisa dilakukannya manajemen nyeri, manajemen nyeri yang dilakukan yaitu teknik distraksi aktif (bercerita ) dan teknik distraksi pasif (mendengarkan murrotal ). Tujuan penelitian untuk mengetahui efektifitas pemberian teknik distraksi aktif dan teknik distraksi pasif dalam menurunkan skala nyeri pasca operasi pada anak usia sekolah. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif quasy experiment pre and post test without control. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument wong baker. Jumlah responden sebanyak 36 orang dengan teknik consecutive sampling. Data yang diperoleh diolah secara statistik dengan menggunakan rumus wilcoxon dan mann-whitney. Hasil: Berdasarkan hasil analisa diperoleh bahwa dari 36 responden penelitian, sebagian besar memiliki karakteristik umur responden intervensi I terbanyak berusia 12 tahun dan umur responden intervensi II terbanyak berusia 7 dan 12 tahun, dengan karakteristik jenis kelamin terbanyak laki-laki berjumlah 22 responden (61,1% ) dari keseluruhan responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa median sebelum dan sesudah pemberian teknik distraksi pasif dengan pretest 6,00 dan posttest 4,00 dengan minimum pretest 4 dan posttest2 dan maksimum pretest 8 dan posttest 6, median sebelum dan sesudah pemberian teknik distraksi aktif dengan pretest 6,00 dan posttest 2,00 dengan minimum pretest 4 dan posttest 2 dan maksimum pretest 8 dan posttest 6. Simpulan: Hasil p value menunjukkan 0.013 > 0.05 maka ada perbedaan nyeri antara pemberian distraksi pasif dengan pemberian distraksi aktif. Kata Kunci: Nyeri, Teknik distraksi aktif, Teknik distraksi pasif Daftar Pustaka: (2017-2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Jul 2023 01:33
Last Modified: 27 Jul 2023 01:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29882

Actions (login required)

View Item View Item