ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL DAN FISIK MENGGUNAKAN METODE NATIONAL AERONAUTICS AND SPACE ADMINISTRATION TASK LOAD INDEX (NASA-TLX) DAN CARDIOVASCULAR (CVL) (STUDI KASUS: CV. GRIYA SERASI PRODUKUTAMA)

PRASANDI, FARHAN NAUFAL (2023) ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL DAN FISIK MENGGUNAKAN METODE NATIONAL AERONAUTICS AND SPACE ADMINISTRATION TASK LOAD INDEX (NASA-TLX) DAN CARDIOVASCULAR (CVL) (STUDI KASUS: CV. GRIYA SERASI PRODUKUTAMA). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601800035_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601800035_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)

Abstract

CV.Griya Serasi Produkutama merupakan perusahaan dibidang advertising. Produk yang dihasilkan antara lain Banner/MMT, X-Banner,t-Banner, Sticker, roll banner, poster , nota, billboard, running text, acliric, sign booth, letter timbul, dan branding mobil. Perusahaan ini memiliki sembilan orang pekerja, lima orang yang bekerja dibagian kantor terdiri dari satu orang admin dua orang editing dan dua operator mesin outdoor. Pada workshop terdiri empat orang dari proses pengelasan,pengecatan dan pemasangan. Karyawan dituntut untuk melakukan semua proses produksi dan tidak terpaku pada satu proses produksi, dengan keadaan ini karyawan mengalami beban kerja mental dan fisik berlebih karena waktu kerja yang seringkali melebihi jam normal dalam proses produksinya. Selain itu karyawan mengalami tekanan sampai kewalahan jika terjadi lonjakan pesanan secara tiba-tiba dikarenakan adanya event tertentu yang bersamaan dengan adanya proses produksi lainya. Hal tersebut akan mengalami kelelahan yang berlebih yang akan menimbulkan masalah kesehatan seperti lemas, kurangnya jam tidur, pusing, bahkan sampai mengakibatkan karyawan sakit. Berdasarkan masalah tersebut dengan metode NASA-TLX nilai rata-rata beban kerja mental 69,68% termasuk kategori sedang. Terdapat satu karyawan yang mempunyai WWL berat >80 yaitu Mamat dengan nilai 83,13%. Metode CVL diperoleh nilai dengan rata-rata 19,87% kategori tidak terjadi kelalahan terdapat dua karyawan diperlukan perbaikan yaitu Aris nilai 36,48% CVL dan Budi nilai 32,10% CVL. Berdasarkan analisa tersebut peneliti mengusulkan makanan nutrisi saat istirahat, peningkatan semangat kerja seperti memberikan pelatihan, pemberikan reward tiap bulannya. Untuk perhitungan dua karyawan yaitu bapak aris K= 2,05 kkal/min dan Budi nilai K = 2,65 Artinya waktu istirahat pada bapak aris dan budi sulistiyo sudah memadai, sehingga tidak membutuhkan penambahan waktu istirahat, meningkatkan skill, memperhatikan kesehatan dengan memberikan check-up minimal 1 x dalam setahun. Kata Kunci: Beban Kerja Fisik, Beban Kerja Mental,CVL(Cardiovascular), NASA-TLX

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 27 Jul 2023 01:26
Last Modified: 27 Jul 2023 01:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29877

Actions (login required)

View Item View Item