ANALISIS KUALITAS PELAYANAN JASA PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) BANYUMILI UNIT REMBANG KOTA MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL)

ALWAN, DIMAS NUR ZAKI (2023) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN JASA PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) BANYUMILI UNIT REMBANG KOTA MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601800030_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601800030_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)

Abstract

PDAM Banyumili Unit Rembang Kota merupakan cabang unit PDAM di Kabupaten Rembang yang memiliki fungsi untuk menyalurkan jasa berupa pelayanan distribusi air bersih kepada masyarakat area Rembang Kota. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan masih banyak sekali keluhan yang sering disampaikan kepada pihak PDAM. Berdasarkan studi literatur, penulis mendapatkan metode untuk menganalisis kualitas pelayanan menggunakan metode servqual. Hasil metode servqual dari 26 atribut terdapat hasil gap score 17 atribut bernilai positif, artinya pelanggan puas sehingga PDAM perlu mempertahankan kinerjanya. Sedangkan 9 atribut bernilai negatif, artinya pelanggan merasa belum puas sehingga perlu adanya perbaikan. Tiga atribut dengan nilai gap negatif terbesar adalah atribut A6 dengan nilai gap -2,01 (terjaminya kualitas, kuantitas dan kontinuitas kebutuhan air bersih), atribut RS5 dengan nilai gap -1,92 (proses pelayanan dan perbaikan dilakukan dengan cepat), atribut RS2 dengan niali gap -1,42 (penyampaian informasi terkait pelayanan dan perbaikan kerusakan cepat dan akurat terhadap pelanggan). Kemudian dilakukan pencarian akar permasalahan menggunakan diagram fishbone pada atribut kritis yang memperoleh gap negatif dan memberikan tindakan perbaikan melalui 5W+2H. Hasil rekomendasi yang diberikan diantaranya melakukan pencarian sumber air baku, memberikan pelatihan kerja, melakukan penambahan karyawan, membuat sistem melalui website atau aplikasi seperti instagram, facebook, whatsapp sebagai sarana informasi dan pengaduan pelanggan, melakukan perawatan pada seluruh peralatan serta melakukan pengecekan pada jaringan pipa distribusi. Kata Kunci : PDAM Banyumili Unit Rembang Kota, Servqual, Fishbone + 5W 2H

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:37
Last Modified: 25 Jul 2023 06:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29874

Actions (login required)

View Item View Item