ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN KEDELAI SEBAGAI BAHAN BAKU TAHU DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) DAN PERODIC ORDER QUANTITY (POQ)(Studi Kasus : HOME INDUSTRI TAHU NAPEL)

Novanto, Ari (2023) ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN KEDELAI SEBAGAI BAHAN BAKU TAHU DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) DAN PERODIC ORDER QUANTITY (POQ)(Studi Kasus : HOME INDUSTRI TAHU NAPEL). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601800024_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601800024_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)

Abstract

Home Industri Tahu Napel merupakan industri rumahan yang bergerak di bidang pengolahan pangan dengan produk utama yaitu tahu. Untuk menunjang efisiensi perusahaan perlu dilakukan pengendalian bahan baku utama pembuatan tahu yaitu kedelai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengendalian persediaan bahan baku Home Industri Tahu Napel dengan metode Economic Order Quantitty, mengetahui pengendalian persediaan bahan baku Home Industri Tahu Napel dengan metode Periodic Order Quantitty dan mengetahui kebutuhan persediaan dan pemesanan kedelai di Home Industri Tahu Napel yang optimal agar tidak terjadi over persediaan untuk meminimumkan total biaya. Penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan dengan teknik wawancara dan observasi kemudian untuk data sekunder didapatkan dari pemilik Home Industri Tahu Napel. Analisis datanya dilakukan dengan metode Economic Order Quantitty dan Periodic Order Quantitty. Hasil penelitian ini memperlihatkan jika sesuai dengan metode Economic Order Quantitty, kuantitas pemesanan bahan baku kedelai sebanyak 3.034 Kg dengan periode pemesanan 8 kali per tahun dan total biaya persediaan sebesar Rp2.601.800,49. Kemudian pada metode Periodic Order Quantitty kuantitas pemesanan bahan baku kedelai sebanyak 1.934 kg dengan periode pemesanan 1 periode sekali atau dikatakan 1 bulan sekali dalam satu tahun sehingga frekuensi pemesanannya adalah 12 kali dalam ssatu tahun dengan biaya persediaan tahunan sebesar Rp2.955.329,71. Dengan demikian, penggunaan metode Economic Order Quantitty mampu menurunkan atau menghemat biaya yang ditimbulkan dari adanya pengadaan persediaan bahan baku kedelai dan dapat menambah keuntungan bagi perusahaan. Kata Kunci: Economic Order Quantitty, Home Industri Tahu Napel, Periodic Order Quantitty

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:24
Last Modified: 25 Jul 2023 06:24
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29872

Actions (login required)

View Item View Item