PENGUKURAN TINGKAT EFISIENSI AKTIVITAS PROSES PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) (Studi Kasus : CV. Mandiri Sejahtera Garment)

ATINA, ANINDYA GITA (2023) PENGUKURAN TINGKAT EFISIENSI AKTIVITAS PROSES PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) (Studi Kasus : CV. Mandiri Sejahtera Garment). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601800018_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601800018_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)

Abstract

CV. Mandiri Sejahtera Garment merupakan perusahaan yang bergerak dibidang konveksi dengan produk yang dihasilkan berupa pakaian anak-anak. Perusahaan selama ini mengalami permasalahan dalam memenuhi permintaan yang disebabkan oleh banyaknya karyawan yang belum berpengalaman, akibat dari tidak terpenuhinya permintaan maka perusahaan telah berusaha menambah jam kerja atau lembur dan tentu saja solusi tersebut menyebabkan adanya pemborosan biaya yang dikeluarkan dan dapat merugikan perusahaan jika dibiarkan secara terus menerus. Maka dari itu, perlu adanya pengukuran efisiensi untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi proses produksi dan menentukan strategi perbaikan bagi proses produksi yang tidak efisien dengan menggunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA). Pengukuran efisiensi ini melibatkan empat variabel input yaitu jumlah tenaga kerja, jumlah jam kerja, upah karyawan, dan upah lembur. Sedangkan variabel output-nya yaitu hasil pemenuhan order. Hasil perhitungan efisiensi 9 DMU menggunakan metode DEA dengan alat bantu program DEAP 2.1 menunjukkan bahwa terdapat 3 DMU yang dinyatakan efisien yaitu DMU 6, DMU 8, dan DMU 9. Sedangkan untuk 6 DMU lainnya mengalami inefisiensi yaitu pada DMU 1 60,9%, DMU 2 90,3%, DMU 3 80,6%, DMU 4 85,6%, DMU 5 96,3%, dan DMU 7 83%. Sehingga perlu adanya perbaikan pada 6 DMU yang inefisien dengan acuan DMU yang efisien. Kata Kunci : Data Envelopment Analysis (DEA), DEAP 2.1, Efisiensi, Proses Produksi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:00
Last Modified: 25 Jul 2023 06:00
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29869

Actions (login required)

View Item View Item