ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK CACAT MENGGUNAKAN METODE STATISTICAL QUALITY CONTROL (SQC) DAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) (STUDI KASUS UD.KTM)

FAHMI, AHMAD ULIN NUR (2023) ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK CACAT MENGGUNAKAN METODE STATISTICAL QUALITY CONTROL (SQC) DAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) (STUDI KASUS UD.KTM). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601800008_fullpdf.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601800008_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

UD.KTM(KATEEM) merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang industri pengecoran logam dengan produk baling-baling kapal, yang terletak di Kecamatan Juwana, Pati, Jawa Tengah. UD.KTM(KATEEM) menggunakan sistem produksi Make to stock dan juga Make to order, namun UD. KTM sering mengalami masalah pada bagian pemenuhan target produk untuk dikirim, dikarenakan karena ketika produksi sering mengalami kecacatan produk yang tidak terduga, sehingga ketika waktu pengiriman terkadang produk yang akan dikirim kurang, dan berakibat penundaaan pengiriman. Faktor utama yang perlu diperhatikan untuk menghasilkan produk yang berkualitas adalah bagian dari proses produksi. Jumlah cacat produk juga berkurang setelah proses produksi dinilai baik. Cacat produk terjadi karena berbagai alasan, termasuk orang, mesin, bahan baku, metode kerja, dan lingkungan kerja. Batas toleransi kegagalan pada perusahaan adalah 5%, namun tingkat kegagalan baling-baling laut pada 1 tahun 2021 adalah 8,3%, kecacatan produk mencapai 795 per bulan dari 8135 produk. dengan bantuan metode SQC dan FMEA yang sudah diberikan telah mengidentifikasi Jenis kecacatan yang terdapat pada produk adalah adanya cekungan pada poros, ketebalan berbeda dan keretakan pada baling-baling. Besar/kecilnya jenis cacat tersebut yang menentukan grade/kelas kualitas produk yaitu cacat ringan (3,53%), cacat sedang (37,99%) dan cacat berat (58,49,11%). beberapa problem yang ada pada perusahaan diantaranya pada material yang mana komposisi bahan baku yang kurang tepat pada proses peleburan. Kata Kunci: Kecacatan, Pengendalian Kualitas, Statistical Quality Control (SQC) dan Failur Mode And Effect Analysis (FMEA), UD. KTM(KATEEM)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:05
Last Modified: 25 Jul 2023 06:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29866

Actions (login required)

View Item View Item