PEMETAAN KEBISINGAN (NOISE MAPPING) DI PABRIK PAKAN TERNAK DALAM RANGKA PERLINDUNGAN TERHADAP PEKERJA (STUDI KASUS PT. XYZ)

NURDIYANTO, NURDIYANTO (2022) PEMETAAN KEBISINGAN (NOISE MAPPING) DI PABRIK PAKAN TERNAK DALAM RANGKA PERLINDUNGAN TERHADAP PEKERJA (STUDI KASUS PT. XYZ). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601700102_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601700102_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)

Abstract

PT. XYZ merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang agri-food terbesar dan terintegrasi di Indonesia, pabrik ini memproduksi pakan ternak dan sebagai supply point penyaluran pakan untuk wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dalam operasinya, PT. XYZ menggunakan mesin – mesin dan peralatan atau proses kerja yang menimbulkan kebisingan. Dengan semakin berkembangnya perusahaan ini, maka penambahan alat dan perluasan area proses produksi untuk menunjang penambahan kapasitas produksi tidak dapat dihindarkan, sehingga penelitian lanjutan penting dilakukan dalam rangka membuat pemetaan nilai kebisingan di seluruh area PT. XYZ untuk memberikan informasi secara visual mengenai area – area mana saja yang memiliki resiko kebisingan yang tinggi sehingga pencegahan dan pengendalian dapat dilakukan guna melindungi para pekerja dari bahaya kebisingan. Pada penelitian ini, evaluasi intensitas kebisingan dilakukan dengan membuat peta kebisingan yang menggambarkan pola sebaran kebisingan dari 278 titik pengukuran diseluruh area PT. XYZ dan kemudian diolah dengan software surfer, yang selanjutnya menjadi informasi dasar untuk melindungi pekerja dari resiko gangguan pendengaran. Setelah dilakukan pengukuran dan analisa data, didapatkan rentang tingkat kebisingan dari yang terendah yaitu 41,0 dBA, hingga yang tertinggi sebesar 101,9 dBA. Dari peta kebisingan yang telah dibuat, diperoleh gambaran sumber – sumber utama kebisingan, yaitu pada area bengkel/workshop, area intake jagung, area genset & area bagging off. Upaya pengendalian kebisingan telah dilakukan dengan baik oleh PT. XYZ mulai dari pengendalian secara rekayasa teknik, pengendalian administratif berupa rotasi kerja, SOP (Standard Operating Procedure), training, safety sign dan pemakaian alat pelindung telinga bagi tenaga kerja berupa earplug dan earmuff. Kata kunci : pemetaan kebisingan, pengendalian kebisingan, software surfer 16

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:08
Last Modified: 25 Jul 2023 06:08
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29863

Actions (login required)

View Item View Item