ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PADA PERSEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD) DI PT CAHAYA MURNI CENTRAL JAVA SEMARANG

Naufal Nasih, Muhammad Hasan Roif (2023) ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PADA PERSEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD) DI PT CAHAYA MURNI CENTRAL JAVA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601700101_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601700101_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)

Abstract

Perkembangan sistem informasi manajemen sekarang sangat cepat dan pesat, banyak organisasi perusahaan berskala besar hingga perusahaan berskala kecil telah menggunakannya. Semakin baik dan modern sistem informasi yang digunakan, maka sistem informasi akan semakin banyak manfaatnya bagi perusahaan dan sebagai bentuk usaha perusahaan untuk dapat tumbuh dan berkembang. Suatu organisasi perusahaan seperti perusahaan manufaktur seringkali dihadapkan pada masalah pengendalian persediaan bahan baku, hal tersebut dikarenakan fluktuasi kuantiti permintaan yang tidak bisa ditebak secara pasti. PT Cahaya Murni Central Java Semarang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang furniture. Untuk menunjang kegiatan operasional perusahaan pada departemen bahan baku, data dan informasi stok masih dilakukan dengan cara manual membutuhkan waktu yang lama, banyak data tersimpan dalam bentuk lembaran kertas sehingga akan mempersulit masukan dan pencarian data. Permasalahan yang terjadi adalah data dan informasi persediaan bahan baku yang dilaporkan ke pihak manajemen produksi tidak akurat, tidak valid dan tidak real time pada saat dibutuhkan. Upaya dalam mengatasi permasalahan adalah dengan perancangan sistem informasi, metode Rapid Application Development (RAD) dipilih karena metode ini berorientasi objek dan tahapan singkat yaitu Analisa permasalahan, desain sistem, pengembangan sistem dan implementasi sistem. Kata kunci: Analisa dan Perancangan Sistem Informasi, Persediaan Bahan Baku, Rapid Application Development (RAD).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:13
Last Modified: 25 Jul 2023 06:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29858

Actions (login required)

View Item View Item