ANALISIS HUKUM PERLINDUNGAN ANAK TERHADAP KASUS PERKAWINAN ANAK AKIBAT HAMIL DI LUAR NIKAH DI PENGADILAN AGAMA JEPARA (Studi Kasus Putusan Perkara Nomor 175/Pdt.P/2022/PA.Jepr)

Sari, Diana Kumala (2022) ANALISIS HUKUM PERLINDUNGAN ANAK TERHADAP KASUS PERKAWINAN ANAK AKIBAT HAMIL DI LUAR NIKAH DI PENGADILAN AGAMA JEPARA (Studi Kasus Putusan Perkara Nomor 175/Pdt.P/2022/PA.Jepr). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text
30301900096_fullpdf.pdf

Download (913kB)

Abstract

Perkawinan anak merupakan salah satu bentuk dari eksploitasi seksual yang harus segera diatasi. Salah satu penyumbang perkawinan anak yang mengalami kenaikan selama masa pandemic COVID-19 adalah Jepara. Hal itu dapat dilihat dari jumlah permohonan dispensasi kawin sebanyak 1.120 kasus sepanjang tahun 2019 sampai 2021 di Pengadilan Agama Jepara. Penelitian ini bertujuan mengetahui akibat yuridis perkawinan anak menurut Undang-undang Perkawinan dan Undang-undang Perlindungan Anak. Serta untuk mengetahui bagaimana bentuk perlindungan hukum terhadap anak perempuan yang hamil di luar nikah dan anak yang dikandungnya. Metode pengumpulan data ini bersumber dari data primer, sekunder, dan tersier dengan cara studi pustaka, wawancara mendalam, dan observasi. Pada pembahasan kali ini diuraikan tentang perkawinan anak dan perlindungan anak di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor dominan perkawinan anak di Jepara dikarenaka hamil di luar nikah. Pengabulan dispensasi kawin menunjukkan bukti bahwa Undang-undang Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perkawinan belum efektif. Agar tujuan tercapainya perlindungan anak di Indonesia, dibutuhkan kerjasama antara orang tua, keluarga, masyarakat, dan negara atau pemerintah, dan masyarakat untuk mencegah terjadinya praktik perkawinan anak karena perkawinan anak dapat menyebabnya hilangnya hak-hak anak. Di sisi lain, juga diperlukan regulasi produk hukum terkait kepastian hukum tentang batasan usia melangsungkan perkawinan. Kata kunci: Perkawinan anak, Perlindungan anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:16
Last Modified: 25 Jul 2023 06:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29856

Actions (login required)

View Item View Item