PENGARUH PROMOSI KESEHATAN DENGAN BRAINSTORMING BOOKLET (RAINBO) TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN IBU-IBU PKK TENTANG STUNTING DI DESA WONOSARI PEGANDON KENDAL

Salsabila, Azzalla (2023) PENGARUH PROMOSI KESEHATAN DENGAN BRAINSTORMING BOOKLET (RAINBO) TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN IBU-IBU PKK TENTANG STUNTING DI DESA WONOSARI PEGANDON KENDAL. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900036_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900036_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)

Abstract

Latar belakang : Pencegahan dan penanganan stunting dilakukan dengan cara meningkatkan pengetahuan ibu yang memiliki anak stunting dan non stunting. Pemberian pendidikan kesehatan melalui metode brainstorming dan media booklet (RainBo) tentang stunting merupakan upaya perkembangan dari pendidikan kesehatan yang tidak hanya berisi peningkatan pengetahuan tentang stunting saja, akan tetapi sebagai upaya perubahan perilaku yang lebih baik. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi kesehatan dengan Brainstorming Booklet (RAINBO) terhadap tingkat pengetahuan ibu-ibu PKK tentang stunting. Metode : Jenis penelitian ini menggunakan pre-test and post-test with control group design. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan Ibu-Ibu PKK tentang stunting sebelum intervensi sebagian besar kurang yaitu sebanyak 24 responden (60,0%) dan sesudah intervensi sebagian besar baik sebanyak 21 responden (52,5%). Ada perbedaan tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah intervensi menggunakan rainbo (p value 0,000) dan ceramah (p value 0,000). Saran : Disarankan bagi perawat komunitas untuk memberikan pendidikan kesehatan kepada masyarakat tentang stunting dengan menggunakan metode brainstorming dan media booklet (RainBo) Kata kunci : Brainstorming Booklet (RAINBO), Stunting, Tingkat Pengetahuan Kepustakaan : 57 (tahun 2017 – 2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:17
Last Modified: 25 Jul 2023 06:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29855

Actions (login required)

View Item View Item