HUBUNGAN AKTIFITAS FISIK DAN KEPATUHAN MINUM OBAT DENGAN KONTROL GLUKOSA DARAH PADA PASIEN DIABETES MELITUS DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

Ulan Agustina, Ayu (2023) HUBUNGAN AKTIFITAS FISIK DAN KEPATUHAN MINUM OBAT DENGAN KONTROL GLUKOSA DARAH PADA PASIEN DIABETES MELITUS DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900035_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900035_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)

Abstract

Latar Belakang : Diabetes melitus merupakan gejala yang timbul pada seseorang yang diakibatkan adanya peningkatan kontrol gula darah (glukosa darah). Diabetes Melitus suatu gangguan metabolisme berupa hilangnya toleransi terhadap karbohidrat. Tingginya kontrol glukosa dalam darah disebabkan karena tubuh tidak dapat mengubah glukosa atau karbohidrat menjadi energi yang dikarenakan tubuh tidak lagi memproduksi cukup insulin atau tubuh tidak lagi memproduksi insulin. Keadaan tersebut menyebabkan glukosa tidak dapat masuk ke dalam sel untuk diubah menjadi energi dan terjadi peningkatan kontrol glukosa darah, sehingga terjadi kerusakan di berbagai macam jaringan tubuh mulai dari pembuluh darah, mata, ginjal, jantung, dan juga saraf (Sugianto, 2016). Glukosa darah adalah banyaknya zat gula atau glukosa di dalam darah. Meskipun senantiasa mengalami perubahan, glukosa darah perlu dijaga dalam batas normal agar tidak terjadi gangguan di dalam tubuh (dr. Marianti 2019). glukosa darah dipengaruhi oleh asupan nutrisi dari makanan atau minuman, khususnya karbohidrat, serta jumlah insulin dan kepekaan sel-sel tubuh terhadap insulin. Metode : Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan cross sectional,Pengambilan data menggunakan kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 79.Teknik dari penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan diolah dengan statistic menggunakan uji lambda. Hasil : Dari data karakteristik responden dalam penelitian ini dengan jumlah 79 responden,di dapatkan bahwa sebagian besar responden berusia 46-55 tahun sejumlah 30 orang(38,0%),sebagian besar responden berjenis perempuan sejumlah 46 orang(58,2%). Simpulan : Penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara aktifitas fisik dan kepatuhan minum obat dengan kontrol glukosa darah pada pasien diabetes melitus di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang di tandai dengan <0,05 dan dengan keeratan 0,643 & 0,765 serta arah hubungannya positif Kata Kunci : Aktifitas fisik,Kepatuhan minum obat,Kontrol glukosa darah Daftar pustaka : 61(2005-2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:21
Last Modified: 25 Jul 2023 06:21
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29852

Actions (login required)

View Item View Item