HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DAN TINGKAT PENDAPATAN DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN HEMODIALISIS DI RSI SULTAN AGUNG SEMARANG

Inayatul Fadhilah, Ayu (2023) HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DAN TINGKAT PENDAPATAN DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN HEMODIALISIS DI RSI SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900034_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900034_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)

Abstract

Latar Belakang : Hemodialisis yaitu terapi yang menggantikan fungsi ginjal dalam mengeluarkan zat sisa metabolisme dan mengoreksi gangguan keseimbangan cairan. Dampak dari hemodialisis pada pasien cukup kompleks seperti kehilangan pekerjaan, sakit kepala, kelelahan dan kelemahan yang akan mengarah pada kualitas hidupnya. Dukungan keluarga dan pendapatan yang tinggi merupakan faktor yang penting dalam meningkatkan kualitas hidup. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dan tingkat pendapatan dengan kualitas hidup pada pasien hemodialisis. Metode : Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan adalah pasien yang menjalani hemodialisis di RSI Sultan Agung Semarang sebanyak 56 responden. Uji korelasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji lambda dan uji koefisien kontingensi. Hasil : Nilai korelasi sebesar 0,537 dengan p value = 0.001 (p<0.05). Hal ini berarti bahwa ada hubungan antara dukungan keluarga dengan kualitas hidup. Pada tingkat pendapatan dengan kualitas hidup nilai korelasi 0,431 dengan p value = 0,000 yang menunjukkan bahwa ada hubungan antara dua variabel tersebut. Simpulan : Pada pasien hemodialisis, dukungan keluarga dan tingkat pendapatan berhubungan dengan kualitas hidup. Perawat memainkan peran penting dalam memberikan support kepada pasien dan keluarga mereka. Kata kunci : dukungan keluaga, tingkat pendapatan, kualitas hidup Daftar Pustaka : 80 (2017-2022).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:22
Last Modified: 25 Jul 2023 06:22
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29850

Actions (login required)

View Item View Item