HUBUNGAN SPIRITUAL WELL BEING DAN TINGKAT STRESS DENGAN KONTROL GLUKOSA DARAH PADA PASIEN DIABETES MELITUS DI RSI SULTAN AGUNG SEMARANG

Arifah, Ayu (2023) HUBUNGAN SPIRITUAL WELL BEING DAN TINGKAT STRESS DENGAN KONTROL GLUKOSA DARAH PADA PASIEN DIABETES MELITUS DI RSI SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900033_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900033_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)

Abstract

Latar Belakang : Diabetes Melitus merupakan (PTM) penyakit tidak menular, penyakit yang disebabkan oleh pankreas yang tidak dapat menghasilkan insulin atau tidak dapat memproses insulin yang telah diproduksi secara efektif, dampak dari penyakit Diabetes Melitus yaitu makrovaskular yang terjadi pada pembuluh darah besar. Penyakit makrovaskular mencerminkan aterosklerosis dengan penumpukan lemah pada dinding pembuluh darah. Penyakit makrovaskular diantaranya yaitu penyakit arteri koroner, penyakit serebrovaskular, hipertensi, penyakit pembuluh perifer dan infeksi yang akan terjadi lebih awal, lebih luas dan lebih berat pada orang dengan DM, Komplikasi mikrovaskular penyakit DM antara lain, retinopati, nefropati dan neuropati Tujuan : Mengetahui Hubungan Spiritual Well-Being Dan Tingkat Stres Dengan Kontrol Glukosa Darah Pada Pasien Diabetes Melitus Metode : Jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel yang digunakan adalah Orang dengan Diabetes Melitus di RSI Sultan Agung Semarang. Teknik yang digunakan adalah cross sectional sebanyak 83 responden. Penelitian ini menggunakan Analisa Univariat dan Analisa Bivariat. Hasil : Dari Hasil yang didapat bahwa responden paling banyak ada diusia 46-55 tahun (48.2%), jenis kelamin mayoritas perempuan 49 responden (59.0%), Pendidikan mayoritas Sekolah Menengah Pertama 24 responden (28.9%). Pekerjaan mayoritas IRT 30 responden (36.1%), Status Pernikahan Menikah 80 (96.4%), Lama Menderita ratarata3.30-4.41. Spiritual Well-Being terbanyak ada dikategori tinggi dengan frekuensi 58 responden (69.9 %), Tingkat Stres terbanyak ada dikategori rendah dengan frekuensi 45 responden (54.2 %) Simpulan : Dari hasil penelitian yang didapat dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan anatara spiritual well-being dan tingkat stress dengan kontrol glukosa drah pada pasien diabetes melitus di RSI Sultan Agung Semarang Kata kunci : Spiritual Well-Being Dan Tingkat Stres Dengan Kontrol Glukosa Drah Daftar Pustaka : 64(2009-2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:25
Last Modified: 25 Jul 2023 06:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29847

Actions (login required)

View Item View Item