PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PADA PIZZA HUT DELIVERY (PHD) MENGGUNAKAN METODE ANALISIS SWOT DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (STUDI KASUS PHD CABANG SULTAN AGUNG SEMARANG)

MAHENDRA, SULTAN DICKY KUSUMA (2023) PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PADA PIZZA HUT DELIVERY (PHD) MENGGUNAKAN METODE ANALISIS SWOT DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (STUDI KASUS PHD CABANG SULTAN AGUNG SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601700081_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601700081_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)

Abstract

Pizza Hut Delivery Cabang Sultan Agung Semarang, mempunyai permasalahan yaitu terjadi penurunan dari segi penjualan dikarenakan beberpa faktor seperti pandemic covid, masuknya pesaing sejenis, dan munculnya café-café baru dengan design interior yang lebih menarik konsumen. Dalam hal ini maka peneliti ingin menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk dapat meningkatkan penjualan pada Pizza Hut Delivery cabang Sultan Agung Semarang. Penelitian ini menggunakan metode analisa SWOT serta AHP. Analisis SWOT didapatkan titik pertemuan diagonal-diagonal tersebut (X), maka posisi strategi dan program kerja manajemen marketing ini diketahui pada kuadran I. Mempertimbangkan hasil analisis IE dan SWOT, merumuskan strategi yang cocok untuk Pizza Hut Delivery (PHD) Cabang Sultan Agung Semarang termasuk mengidentifikasi aspek yang berbeda dari strategi SO, strategi ST, strategi WO dan strategi WT. Pada pengolahan data pembobotan antar kriteria dengan menggunakan analisa AHP didapatkan kriteria dengan bobot tertinggi dan merupakan kriteria terpenting pada pemilihan strategi yaitu SO. Pada pembobotan seluruh alternatif terhadap bobot kriteria didapatkan startegi dengan bobot tertinggi yaitu terus melakukan promosi melalui media sosial seperti instagram, tiktok, dan twitter (SO5) dengan nilai bobot sebesar 0,52, lalu mempertahankan nama baik PHD dengan terus menggunakan bahan yang berkualitas (SO4) dengan nilai bobot sebesar 0,25, kemudian strategi memanfaatkan jaringan yang stabil dan luas dengan menggunakan teknologi informasi yang terus berkembang (SO3) dengan bobot 0,14, lalu strategi melakukan segmentasi pasar yang dituju yaitu masyarakat kalangan menengah dan kalangan menengah ke atas (SO2) dengan bobot 0,05, dan terakhir strategi selalu berinovasi untuk menciptakan menu-menu baru (SO1) dengan bobot 0,03. Kata Kunci: SWOT, AHP, Strategi Manajemen, Pemasaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:28
Last Modified: 25 Jul 2023 06:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29845

Actions (login required)

View Item View Item