ANALISA CACAT PADA PRODUKSI SET PERALATAN MAKAN WHITE WARE 36110 SP PADA MESIN DUST PRESS DI PT.SANGO CERAMICS INDONESIA DENGAN METODE PLAN DO CHECK ACTION (PDCA) DAN ROOT CAUSE ANALYSIS (RCA)

SARI, RICHA RAMANDA (2023) ANALISA CACAT PADA PRODUKSI SET PERALATAN MAKAN WHITE WARE 36110 SP PADA MESIN DUST PRESS DI PT.SANGO CERAMICS INDONESIA DENGAN METODE PLAN DO CHECK ACTION (PDCA) DAN ROOT CAUSE ANALYSIS (RCA). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601700073_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601700073_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)

Abstract

PT. Sango Ceramics Indonesia adalah perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang produksi ceramics. Selama ini proses produksi pembuatan keramik pada produk set peralatan makan white ware 36110 sp sering terjadi kecacatan produk yang membuat kerugian bagi perusahaan dimana jumlah cacat sebesar 36453 dengan presentase 27%, sedangkan batas aman cacat dari perusahaan sebesar 7%. Untuk menanggulangi hal tersebut maka digunakanlah metode Plan Do Check Action (PDCA) dan metode Root Cause Aanalysis (RCA). untuk menyelesaikan permasalahaan pada PT. Sango Ceramics Indonesia terkait produk cacat dan mengetahui factor-faktor utama penyebab adanya kecacatan pada produk, serta bisa memberikan usulan usulan perbaikan pada perusahaan untuk produk White Ware 36110 SP. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengambilan data dari perusahaan, dan wawancara. Dari hasil tersebut diperoleh jumlah produksi 136867 dan jumlah cacat 36453 serta jenis cacat yang mengalami cacat dominan yaitu pinhole, hizumi/body ngolet, kotoran besi, gleze bergelombang. Dari hasil penelitian diketahui penyebab kecacatan faktor manuasia kurangnya kedisplinan karyawan terkait SOP, faktor metode dikarenakan sistem penyettingan mesin yang salah atau kurangnya pengontrolan terhadap mesin. Usulan perbaikan perlu adanya checksheet, membuat SOP tetulis dibagian produksi di area yang letaknya mudah dijangkau oleh pekerja. melakukan tranning class untuk semua karyawan yang kurang paham terkait SOP Kata Kunci: Produk Cacat, PT. Sango Ceramics Indonesia, Quality Qontrol Circle, Root Cause Analysis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:31
Last Modified: 25 Jul 2023 06:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29842

Actions (login required)

View Item View Item