ANALISIS PEMILIHAN PEMASOK BAHAN BAKU KAYU DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (Studi Kasus di CV SUMBER ALAM)

RIDHA, MUHAMMAD RASYID (2023) ANALISIS PEMILIHAN PEMASOK BAHAN BAKU KAYU DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (Studi Kasus di CV SUMBER ALAM). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601700062_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601700062_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)

Abstract

CV Sumber Alam merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi veneer. Produk yang dihasilkan akan dijual ke pabrik-pabrik besar pembuat triplek di Indonesia. Dalam proses produksi veneer memerlukan bahan baku berupa kayu albasia. Untuk supplier kayu, CV. Sumber Alam menggunakan kayu yang disupply dari. beberapa supplier diantaranya yaitu CV Karya Mandiri, CV Langgeng Jaya, CV Berkah Setia, CV Anugerah Log, dan dari petani daerah sekitarnya Namun dalam proses bisnisnya ada beberapa masalah dari supplier yang ada yang mengganggu proses produksi yaitu pengiriman bahan baku kayu yang terlambat yang menyebabkan produksi veneer tidak sesuai target , harga kayu mahal dan kualitas kayu kurang layak juga menjadi faktor penyebab kerugian yang ditanggung oleh perusahaan. Melalui analisa penelitian ini diharapkan dapat mengevaluasi performa kinerja dari berbagai supplier dengan kiteria dan sub kriteria dengan tingkat subjektifitas dari pengambilan keputusan yang dapat diakomodasikan serta dapat menghitung nilai kerugian yang ditanggung perusahaan yang diberikan oleh supplier dan dapat dipecahkan dengan menggunakan metode Fuzzy AHP. Dari hasil perhitungan pembobotan dengan menggunakan Fuzzy AHP kriteria yang memiliki bobot tertinggi atau yang terpenting yakni costumer care , flexibilitas, respon dan harga dengan bobot 0,2. Pada urutan ke dua adalah kriteria pengiriman dengan bobot 0,17, urutan ke empat adalah kualitas dengan bobot terendah yaitu 0,09. Pada subkriteria kemampuan memberikan kelengkapan dokumen, penawaran harga tepat waktu, kemudahan perubahan jumlah pesanan, kemudahan perubahan waktu pengiriman, respon yang cepat saat negosiasi dan kemudahan dihubungi dengan bobot 0,1. Kemudian kesesuaian harga dengan bobot 0.09. Ketepatan jumlah yang dikirim dan biaya asuransi pengiriman dengan bobot 0,07. Kemudian ketepatan waktu pengiriman dan kesesuaian kualitas sesai spesifikasi dengan bobot 0,06. Biaya kirim bahan baku , ketentuan pembayaran dan kesanggupan supply dengan bobot 0,05. Kemudian bentuk dengan bobot 0,02 dan terakhir ukuran dengan bobot 0,009. Berdasarkan hasil perhitungan menunjukkan CV Karya Mandiri merupakan supplier terbaik dengan memiliki total nilai 4,37 diikuti CV Karya Mandiri merupakan supplier terbaik dengan memiliki total nilai 4,59 diikuti CV Langgeng Jaya dengan total nilai 4,34. Di urutan ketiga terdapat CV Berkah Setia Mandiri dengan nilai 4,32 sedangkan ditempat terakhir ada CV Anugrah Log dengan nilai 4,31. . Kata Kunci: CV. Sumber Alam, Metode Fuzzy Analytic Hierarchy Process (F-AHP ),Pemilihan Supplier, Veener.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:35
Last Modified: 25 Jul 2023 06:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29833

Actions (login required)

View Item View Item