ANALISIS PENILAIAN KINERJA KARYAWAN UNTUK PEMILIHAN KARYAWAN TERBAIK MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DAN RATING SCALE (STUDI KASUS : UMKM NYOPEE KUDUS)

NIAM, MUHAMMAD KHOIRUN (2022) ANALISIS PENILAIAN KINERJA KARYAWAN UNTUK PEMILIHAN KARYAWAN TERBAIK MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DAN RATING SCALE (STUDI KASUS : UMKM NYOPEE KUDUS). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601700061_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601700061_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)

Abstract

Dalam menentukan penilaian kinerja terhadap pemilihan karyawan terbaik yang terampil dan mampu memberikan kontribusi terhadap keberhasilan perusahaan perlu adanya peniliaian kinerja atas segala bentuk pekerjaan yang telah dilaksanakan oleh karyawan tersebut. Hasil prestasi kerja dapat dijadikan sebuah peluang untuk karyawan dan perusahaan untuk melihat potensi dari sisi internal. Dari hasil tersebut perusahaan dapat memiliki dan melihat karyawan terbaik dari seluruh karyawan yang ada. Dan dari sisi karyawan melihat adanya potensi untuk mendapatkan reward dari prestasi yang mereka buat dalam bekerja, sehingga pemilihan karyawan terbaik menjadi sebuah semangat untuk karyawan dalam peningkatan kualitas kerja. Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) merupakan metode yang paling banyak digunakan karena motode tersebut konsepnya sederhana, mudah dipahami, komputasinya efisien dan memiliki kemampuan untuk mengukur kinerja dari alternatif-alternatif keputusan dalam bentuk matematis yang sederhana. Sedangkan metode Rating Scale merupakan metode penilaian yang didasarkan pada suatu skala tertentu dari rendah sampai tinggi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner, observasi dan studi pustaka. Pada Perhitungan proses penilaian kinerja karyawan dalam pemberian peringkat setiap karyawan berdasarkan empat kriteria bahwa kriteria kedisiplinan merupakan faktor yang paling penting dalam menentukan karyawan terbaik dengan nilai bobot 0,535, disusul dengan kriteria tanggung jawab dengan nilai bobot 0,274, kriteria sikap dengan nilai bobot 0,133, kriteria kehadiran dengan nilai bobot 0,056. Kemudian dari hasil perhitungan proses perangkingan kinerja karyawan berdasarkan acuan empat kriteria yaitu diperoleh karyawan Robi memperoleh bobot nilai tertinggi dengan bobot nilai 0,299 sehingga mendapatkan rangking pertama dalam pemilihan karyawan terbaik, disusul dengan karyawan Candra dengan bobot nilai 0,291, karyawan Putri dengan bobot nilai 0,273, karyawan Rizal dengan bobot nilai 0,135. Hasil tersebut diperoleh dan sesuai dengan skala penilaian yang telah ditentukan. Kata Kunci : AHP; Rating Scale; Pemilihan Karyawan Terbaik; penelitian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:39
Last Modified: 25 Jul 2023 06:39
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29832

Actions (login required)

View Item View Item