HUBUNGAN TINGKAT STRES TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA KEPERAWATAN

Sofiarani, Anita (2022) HUBUNGAN TINGKAT STRES TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA KEPERAWATAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900027_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900027_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)

Abstract

Latar belakang: Motivasi mendorong mahasiswa untuk mencapai hasil belajar. Motivasi mahasiswa akan menentukan pencapaian prestasi dari usaha yang telah dilakukannya. Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar adalah stres. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang hubungan tingkat stres terhadap motivasi belajar mahasiswa keperawatan. Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional dengan melibatkan 150 responden. Teknik pengaambilan sampel adalah menggunakan metode probability sampling yaitu dengan teknik pendekatan simple random sampling. Data diperoleh dari uji Spearman Rank. Hasil: Hasil analisa univariat tingkat stres terbanyak stres normal 70 (46.7%), motivasi belajar terbanyak motivasi belajar sedang 109 (72,7%). Simpulan: Terdapat hubungan tingkat stres terhadap motivasi belajar mahasiswa keperawatan (p- value 0.000). Kata Kunci:Tingkat Stress, Motivasi Belajar, Mahasiswa Keperawatan Daftar Pustaka: 46 (2013-2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:46
Last Modified: 25 Jul 2023 06:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29826

Actions (login required)

View Item View Item