Sofiarani, Anita (2022) HUBUNGAN TINGKAT STRES TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA KEPERAWATAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Ilmu Keperawatan_30901900027_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Ilmu Keperawatan_30901900027_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
Abstract
Latar belakang: Motivasi mendorong mahasiswa untuk mencapai hasil belajar. Motivasi mahasiswa akan menentukan pencapaian prestasi dari usaha yang telah dilakukannya. Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar adalah stres. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang hubungan tingkat stres terhadap motivasi belajar mahasiswa keperawatan. Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional dengan melibatkan 150 responden. Teknik pengaambilan sampel adalah menggunakan metode probability sampling yaitu dengan teknik pendekatan simple random sampling. Data diperoleh dari uji Spearman Rank. Hasil: Hasil analisa univariat tingkat stres terbanyak stres normal 70 (46.7%), motivasi belajar terbanyak motivasi belajar sedang 109 (72,7%). Simpulan: Terdapat hubungan tingkat stres terhadap motivasi belajar mahasiswa keperawatan (p- value 0.000). Kata Kunci:Tingkat Stress, Motivasi Belajar, Mahasiswa Keperawatan Daftar Pustaka: 46 (2013-2021)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 06:46 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 06:46 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29826 |
Actions (login required)
View Item |