PENGARUH LAUGHTER THERAPY: MEDIA VIDEO KOMEDI TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA DENGAN HIPERTENSI DI RUMAH PELAYANAN SOSIAL LANJUT USIA (RPSLU) PUCANG GADING SEMARANG

Amelia, Anita (2023) PENGARUH LAUGHTER THERAPY: MEDIA VIDEO KOMEDI TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA DENGAN HIPERTENSI DI RUMAH PELAYANAN SOSIAL LANJUT USIA (RPSLU) PUCANG GADING SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900026_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900026_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)

Abstract

Latar Belakang: Hipertensi atau tekanan darah tinggi sering muncul tanpa gejala dan terjadi pada mayoritas lansia sehingga menjadi penyebab timbulnya berbagai macam penyakit. Laughter therapy (terapi tertawa) digunakan sebagai alternatif pilihan dalam upaya mengurangi kejadian hipertensi serta menurunkan tekanan darah dengan biaya yang murah dan mudah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh laughter therapy dengan media video komedi terhadap penurunan tekanan darah pada lansia dengan hipertensi. Metode: Desain penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperimen Pre and Post Test Control Group Design. Jumlah sampel 36 responden, pemilihan kelompok intervensi dengan metode random sampling. Variabel independent dalam penelitian ini adalah laughter therapy dengan media video komedi dan variable dependennya tekanan darah lansia, instrument yang digunakan spigmomanometer. Analisa data yang digunakan adalah Paired Sample t-Test dan Shaphiro-Wilk (p value: 0,05). Hasil: Analisa data dengan uji statistic Paired Sample t-Test didapatkan sistol p value = 0,002 dan diastole p value = 0,688 . Hasil pengujian dengan Shaphiro-Wilk didapatkan sistol p value = 0,025 dan diastole p value = 0,816 yang artinya terdapat perubahan tekanan darah sistole sebelum dan sesudah di berikan laughter therapy dengan media video komedi. Simpulan: Kesimpulan penelitian ini adalah laughter therapy dengan media video komedi berpegaruh terhadap penurunan tekanan darah sistol pada lansia dengan hipertensi, sehingga laughter therapy dapat digunakan sebagai alternatif pilihan dalam upaya mengurangi kejadian hipertensi. Kata Kunci: hipertensi, lansia, laughter therapy, tekanan darah, video komedi. Daftar Pustaka : 58 (2018-2023)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:47
Last Modified: 25 Jul 2023 06:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29825

Actions (login required)

View Item View Item