HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN DIET DAN KONTROL TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI

VLADEA RAHMAN, ANGGI (2023) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN DIET DAN KONTROL TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900022_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900022_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)

Abstract

Latar Belakang : Hipertensi adalah kondisi di mana tekanan darah arteri terus meningkat, dan setiap tahunnya mengalami peningkatan. Pasien hipertensi sebaiknya melakukan diet, serta berolahraga untuk mengontrol tekanan darahnya agar tidak minimbulkan komplikasi. Beberapa faktor yang mempengaruhi dalam menjalankan kepatuhan diet diantaranya tingkat pengetahuan dan dan dukungan keluarga. Tujuan : Mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan dan dukungan keluarga dengan kepatuhan diet dan kontrol tekanan darah pada penderita hipertensi di Puskesmas kaliwungu. Metode : Penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian kuantitatif, menggunakan desain cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah penderita hipertensi di Pukesmas kaliwungu sebanyak 78 responden deangan teknik pengambilan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan uji gamma, uji lambda dan uji koefisien kontingensi. Hasil : Berdasarkan hasil analisa diperoleh bahwa dari 78 responden penelitian menunjukkan 47,4% responden berpengetahuan baik, sebanyak 51,3% reponden memiliki dukungan keluarga yang baik, sebanyak 47,4% responden patuh dalam menjalankan diet, sebanyak 10,3% responden mempunyai tekanan darah terkontrol dan 89,7% responden mempunyai tekanan darah tidak terkontrol. Dan di dapatkan nilai p value <0,05. Simpulan : Penelitian ini ada hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan dan dukungan keluarga dengan kepatuhan diet dan kontrol tekanan darah pada penderita hipertensi. Kata Kunci : Hipertensi, Tingkat Pengetahuan, Dukungan Keluarga, Kepatuhan Diet, Kontrol Tekanan Darah Daftar Pustaka : 59 (2014 – 2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:51
Last Modified: 25 Jul 2023 06:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29822

Actions (login required)

View Item View Item