PENGARUH PAKET EDUKASI WISH AND CARE TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP DETEKSI DINI KANKER SERVIKS PADA WUS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GAYAMSARI SEMARANG

Ambarwati, Ambarwati (2023) PENGARUH PAKET EDUKASI WISH AND CARE TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP DETEKSI DINI KANKER SERVIKS PADA WUS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GAYAMSARI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900019_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900019_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)

Abstract

Latar Belakang: Kanker adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti dan dipandang sebagai penyebab utama kematian di seluruh dunia. Perasaan takut terhadap kanker menyebabkan masyarakat khususnya wanita usia subur (WUS) tidak melakukan pemeriksaan dini. Ada banyak metode yang dapat digunakan untuk memberikan pendidikan kesehatan kepada wanita usia subur misalnya melalui booklet,leaflet,film,videoo,ceramah. Paket edukasi wish and care bertujuan untuk menambah motivasi masyarakat khususnya WUS di dalam deteksi dini kanker serviks. Metode: Penelitian ini termasuk jenis kuantitatif dengan pendekatan quasi experiment pre dan post design with a comparasion group. Sampel yang digunakan adalah 34 wanita usia subur dari kelompok intervensi di wilayah kerja Puskesmas Gayamsari Semarang dan 34 wanita usia subur dari kelompok kontrol di wilayah kerja Puskesmas Bangetayu Semarang. Pengambillan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Uji komperatif nonparame yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Mann Whitney. Hasil : Hasil penelitian menggunakan uji komperatif Mann Whitney, terbukti bahwa p value 0,000 yang berada dibawah 0,05 (0,000<0,05). Hal ini menunjukkan faktor sangat dominan yang mempengaruhi pengetahuan dan sikap wanita usia subur dalam deteksi dini yaitu intervensi edukasi paket edukasi wish and care dengan nilai pada pengetahuan -5,385 > 0,000 dan sikap -3,800 > 0,000. Dengan nilai komperatif tersebut menunjukkan adanya pengaruh yang bermakna kuat antara paket edukasi wish and care dengan pengetahuan dan sikap. Simpulan: Terdapat pengaruh antara paket edukasi wish and care terhadap pengetahuan dan sikap deteksi dini kanker serviks pada WUS di Wilayah Kerja Puskesmas Gayamsari Semarang (p value 0,000) Kata kunci : Wish and Care,Pengetahuan,Sikap, WUS Daftar Pustaka : 50 (2014-2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:43
Last Modified: 24 Jul 2023 07:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29819

Actions (login required)

View Item View Item