EFEKTIFITAS PEMBERIAN JUS SEMANGKA KUNING DAN JUS MENTIMUN TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA TEKANAN DARAH TINGGI DI DESA PONCOHARJO KECAMATAN BONANG KABUPATEN DEMAK

ROHMANIAH, AINIATUR (2023) EFEKTIFITAS PEMBERIAN JUS SEMANGKA KUNING DAN JUS MENTIMUN TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA TEKANAN DARAH TINGGI DI DESA PONCOHARJO KECAMATAN BONANG KABUPATEN DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900012_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900012_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)

Abstract

Latar Belakang: Tekanan darah tinggi merupakan keadaan ketika terjadi peningkatan yang abnormal pada tekanan darah, baik tekanan darah sistolik maupun tekanan darah diastolik. dimana, tekanan darah sistolik (saat jantung memompakan darah) diatas 140 mmHg dan tekanan diastoliknya diatas 90 mmHg (saat jantung istirahat).Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian jus semangka kuning dan jus mentimun terhadap tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi di Desa Poncoharjo Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Metode: Jenis penelitian ini menggunakan desain quasy eksperimen dengan rancangan pretest-posttest without control design.jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 36 responden terdiri dari warga masyarakat desa Poncoharjo. Subyek dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok A dan kelompok B. kelompok A mendapat jus semangka kuning, kelompok B menadapat jus mentimun dengan masing-masing 100 gram yang diberikan selama 2 hari dengan pemberian 1 hari 2 kali. Uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk dan analisis statistic menggunakan uji Paired t-test dan Independent t-test. Hasil: hasil penelitian ini adalah ada perbedaaan nilai tekanan darah sebelum dan sesudah diberikan jus semangka kuning (p<0,000) dan ada perbedaan nilai tekanan darah sebelum dan sesudah diberika jus mentimun (p<0,000). Dari hasil uji independent ada perbedaan yang bermakna sesudah diberikan jus semangka kuning dan jus mentimun pada tekanan darah sistolik (p<0,025). Sedangkan pada tekanan darah diastolik tidak ada perbedaan yang bermakna sesudah diberikan jus semangka kuning dan jus mentimun (p<0,340). Simpulan: Penelitian ini ada perbedaan yang signifikan antara pemberian jus semangka kuning dan jus mentimun dengan penurunan tekanan darah pada tekanan darah sistolik. Kata Kunci: Tekanan darah tinggi, Semangka kuning, Mentimun. Daftar Pustaka: 30 (2016-2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:19
Last Modified: 24 Jul 2023 07:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29813

Actions (login required)

View Item View Item