HUBUNGAN PERILAKU SELF CARE MANAGEMENT DENGAN TEKANAN DARAH SISTOL PADA PENDERITA HIPERTENSI DI PUSKESMAS ROWOSARI KABUPATEN KENDAL

Muna Apriani, Af`idatul (2023) HUBUNGAN PERILAKU SELF CARE MANAGEMENT DENGAN TEKANAN DARAH SISTOL PADA PENDERITA HIPERTENSI DI PUSKESMAS ROWOSARI KABUPATEN KENDAL. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900010_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900010_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)

Abstract

Latar belakang : Hipertensi dapat diderita oleh semua orang baik dewasa maupun lansia, seseorang dapat dikatakan hipertensi dan berisiko mengalami masalah kesehatan apabila setelah melakukan beberapa kali pengukuran dengan hasil tetap tinggi dengan nilai tekanan darah sistolik ≥ 130 mmHg. Hipertensi dapat mengakibatkan berbagai komplikasi maka salah satu cara untuk mengendalikan komplikasi penderita hipertensi dengan cara menerapkan self manajement sebagai management penyakit dalam kehidupan sehari-hari, Tujuan penelitian untuk mengetahui Hubungan Perilaku Self Care Management Dengan Tekanan Darah Sistol Pada Penderita Hipertensi Di Puskesmas Rowosari Kabupaten Kendal. Metode : Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. sampel penelitian berjumlah 74 responden dengan teknik Purpose sampling. metode pengumpulan data menggunakan kuesioner Self Management Bevarior Questionnaire (HSMBQ). Dan pengukuran tekanan darah menggunakan sphygmomanometer. Data yang diperoleh diolah secara statistic dengan menggunakan rumus Rank-Spearman. Hasil : Hasil analisa diperoleh bahwa dari 74 responden sebagain besar memiliki karakteristik berusia sebanyak 35,1%, dengan karakteritis jenis kelamin berjenis kelamin perempuan sebanyak 74,7%, pendidikan responden mayoritas pendidikan SD sebanyak 25,7%, sebagian besar bekerja sebagai petani sebanyak 29,7%, dengan status pernikahan yakni sudah menikah sebanyak 83,8%, mayoritas responden tidak merokok sebesar 67,6%. Sebagian besar memiliki perilaku self care management kategori kurang sejumlah 55,4%. Tekanan darah sistol responden mayoritas kaetgori hipertensi II dengan tekanan darah >160 mmHg sebanyak 51,4 %. Simpulan : Terdapat Hubungan Perilaku Self Care Management Dengan Tekanan Darah Sistol Pada Penderita Hipertensi dengan nilai ( p value >0,05) Kata kunci : Hipertensi, Self Care Management, Tekanan Darah Daftar pustaka : 64 (2001-2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:17
Last Modified: 24 Jul 2023 07:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29812

Actions (login required)

View Item View Item