ANALISIS YURIDIS TERHADAP KETERLIBATAN ANAK DALAM TINDAK PIDANA TERORISME (Studi Putusan Nomor 22/Pid.Sus-Anak/2016/PN. JAK.TIM)

Marhandy, Azzahra Ratnaduhita Putri (2023) ANALISIS YURIDIS TERHADAP KETERLIBATAN ANAK DALAM TINDAK PIDANA TERORISME (Studi Putusan Nomor 22/Pid.Sus-Anak/2016/PN. JAK.TIM). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img] Text
30301900065_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Seiring berkembangnya zaman dan berjalannya waktu kemunculan permasalahan yang disebabkan oleh perilaku manusia semakin marak dilakukan. Karena ketidaksiapan manusia untuk menghadapi perubahan ini dapat memacu Tindakan melawan hukum. Tindakan melawan hukum ini dapat berupa tindak pidana yang tentu saja dapat meresahkan dan mengganggu keselamatan masyarakat salah satunya adalah tindak pidana terorisme. Pada dasarnya istilah terorisme merupakan serangan-serangan terkoordinasi yang bertujuan membangkitkan perasaan terror terhadap sekelompok masyarakat. Terorisme merupakan tindak pidana yang menjadi perhatian dunia. Hal yang dilakukan bukan hanya sekedar teror semata, namun juga merupakan tindak kejahatan yang melanggar Hak Asasi Manusia, yaitu hak untuk merasa nyaman dan aman ataupun untuk hidup. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui analisis yuridis terhadap keterlibatan anak pada tindak pidana terorisme dan juga untuk mengetahui upaya penyelesaian dalam menangani anak sebagai pelaku terorisme. Berdasarkan permasalahan yang diteliti oleh penulis maka metode yang digunakan adalah metode hukum yuridis normatif. Penelitian hukum yuridis– normatif yaitu penelitian yang mengacu kepada norma-norma, asa-asas hukum, dan perundang-undangan. Sesuai dengan kasus studi putusan ini pada permasalahan pertama keterlibatan anak dalam tindak pidana terorisme ini sebagai pembantuan atau medeplichtige yang mana pada hakekatnya adalah perbuatan yang tidak termasuk perbuatan pelaksanaan dari suatu tindak pidana atau delik melainkan merupakan perbuatan yang mempermudah terjadinya dan memperlancar terlaksanakannya suatu tindak pidana. Selanjutnya mengenai permasalahan kedua penyelesaian putusan yang diberikan kepada anak sudah disesuaikan dengan aturan-aturan yang terdapat dalam Undang-Undang Sistem Peradilan Pidana Anak yang mana mementingkan kepentingan anak dengan se adil-adilnya. Kata Kunci: Terorisme, Keterlibatan, Anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:04
Last Modified: 24 Jul 2023 07:04
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29808

Actions (login required)

View Item View Item