HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN BELAJAR DENGAN HASIL KELULUSAN UKNI

Kufiya Nusuki, Adada (2023) HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN BELAJAR DENGAN HASIL KELULUSAN UKNI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900007_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900007_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)

Abstract

Latar Belakang: UKNI merupakan metode untuk menstandarisasikan kompetensi perawat dan menjadi syarat untuk mendapatkan STR dan salah satu yang dapat digunakan untuk menghadapi UKNI yaitu dengan mengikuti bimbingan belajar. Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya hubungan bimbingan belajar dengan hasil kelulusan UKNI di Fakultas Ilmu Keperawatan. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Jumlah responden sebanyak 82 orang dengan teknik total populasi. Data yang diperoleh diolah secara statistik dengan menggunakan rumus korelasi kontigensi. Hasil: Berdasarkan hasil analisa diperoleh bahwa dari 82 responden penelitian, sebagian besar memiliki karakteristik jenis kelamin perempuan 85,4%, umur dewasa awal sebanyak 96,3%. Hasil penelitian juga menunjukkan 98,8% responden bimbingan belajar efektif dan 1,2% responden bimbingan tidak efektif. Sebanyak 98,8% responden kategori kompeten dan 1,2% responden kategori tidak kompeten. Pada hubungan bimbingan belajar dengan hasil kelulusan UKNI didapati nilai sig sebesar 0,000 dengan keeratan 0,707. Simpulan: Terdapat hubungan bimbingan belajar dengan hasil kelulusan UKNI (p value < 0,05). Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu menggunakan variabel lain contohnya hambatan dalam mengadapi UKNI. Kata kunci: Bimbingan belajar, UKNI, profesi Ners Daftar Pustaka: 35 (2013 – 2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:18
Last Modified: 24 Jul 2023 07:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29799

Actions (login required)

View Item View Item