ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN PENDEKATAN TEKNIK LOT SIZING UNTUK MEMINIMALISASI BIAYA PERSEDIAAN (STUDI KASUS PADA UD. PUSAKA BERUANG DI LASEM, KABUPATEN REMBANG)

ARDHANI W.A, WHISNU (2022) ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN PENDEKATAN TEKNIK LOT SIZING UNTUK MEMINIMALISASI BIAYA PERSEDIAAN (STUDI KASUS PADA UD. PUSAKA BERUANG DI LASEM, KABUPATEN REMBANG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601800113_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601800113_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)

Abstract

Penelitian terkait analisa pengendalian persediaan bahan baku dengan pendekatan teknik lot sizing untuk meminimalisasi biaya persediaan berhasil dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahaui metode yang tepat dalam pengendalian persediaan bahan baku di UD. Pusaka Beruang dalam menminimalisasi biaya persediaan bahan baku. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi Lot For Lot (LFL), Economc Order Quantity (EOQ), Period Order Quantity (POQ), Least Unit Cost (LUC), Least Total Cost (LTC), dan Part Period Balancing (PPB). Data yang digunakan berupa data sekunder dari database perusahaan yaitu data permintaan / penjualan batik dalam satu tahun terakhir (tahun 2017). Selanjutnya, dari data tersebut dihitung total biaya persediaan dengan menggunakan enam metode diatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode teknik lot sizing yang terbaik dalam rangka menjaga kelancaran produksi dan meningkatkan efisiensi terhadap pengendalian persediaan bahan baku pada produk batik bagi perusahaan yaitu untuk bahan baku kain dengan metode Lot For Lot (LFL), bahan baku naptol dengan metode Economic Order Quantity (EOQ), sedangkan bahan baku malam dengan metode Lot For Lot (LFL). Kata kunci : teknik lot sizing, biaya persediaan, Lot For Lot, Economic Order Quantity

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:26
Last Modified: 24 Jul 2023 07:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29797

Actions (login required)

View Item View Item