ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL PADA KARYAWAN DIGITAL PRINTING DENGAN MENGGUNAKAN METODE NATIONAL AERONAUTICS AND SPACE ADMINISTRATION TASK LOAD INDEX (NASA-TLX)

ADITYA, ZULFAN REZA (2022) ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL PADA KARYAWAN DIGITAL PRINTING DENGAN MENGGUNAKAN METODE NATIONAL AERONAUTICS AND SPACE ADMINISTRATION TASK LOAD INDEX (NASA-TLX). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601800099_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601800099_pernyataan_publikasi.pdf

Download (287kB)

Abstract

Sumber daya manusia menjadi salah satu faktor penting dalam membantu memperlancar segala proses produktivitas yang ada di dalam sebuah perusahaan. Semakin tingginya beban kinerja yang diberikan perusahaan terhadap karyawan memungkinkan terjadinya overstress oleh karena itu perlu adanya memperhatikan beban kerja atau workload pada setiap karyawan supaya produktivitas kinerja karyawan tercapai dengan hasil pada tingkat yang diharapkan dan sesuai dengan kapasitas yang dimiliki oleh para karyawan. Fokus dari penelitian ini ada yaitu meneliti faktor-faktor yang dapat menyebabkan terjadinya perubahan kinerja mental dan menemukan solusi untuk mengatasi beban kerja mental yang dialami oleh karyawan perusahaan digital printing pada PT. Nayaka Insan Sejati. penelitian ini menggunakan metode NASA -TLX dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner seluruh karyawan yang disebar kepada 13 karyawan digital printing pada PT. Nayaka Insan Sejati. Berdasarkan masalah tersebut dengan menggunakan metode NASA-TLX nilai rata-rata beban kerja adalah 73,37 dan terdapat tiga karyawan yang mempunyai WWL berat > 80% yaitu Wiwit Aji Setiawan Saiful Yanuar dan M. Ferdiansyah. Berdasarkan analisa tersebut peneliti mengusulkan untuk menambahkan jumalah karyawan untuk membantu ketiga karyawan sebelumnya agar memperingan beban kerja, kemudian atasan juga bisa memberikan training atau pelatihan dengan mendatangkan instruktur yang lebih kompeten. Jadi, dengan penambahan karyawan yang diusulkan ini, diharapkan mampu mengurangi waktu kerja karyawan dan mampu mengurangi tingkat kelelahan mental karyawan. Frustasi yang dialami oleh ketiga karyawan yang memiliki beban kerja tinggi disebabkan karena target produksi yang begitu tinggi. Kata Kunci : Beban Kerja Mental, NASA-TLX, PT. Nayaka Insan Sejati

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:29
Last Modified: 24 Jul 2023 07:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29794

Actions (login required)

View Item View Item