HUBUNGAN ANTARA FASILITAS BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA KEPERAWATAN

SN, Aditya (2023) HUBUNGAN ANTARA FASILITAS BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA KEPERAWATAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900004_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900004_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)

Abstract

Latar Belakang:Fasilitas belajar merupakan kelengkapan yang dapat menunjang proses belajar mengajar mahasiswa di perguruan tinggi. Fasilitas belajar yang memadai dapat meningkatkan motivasi dan mendukung mahasiswa dalam meningkatkan prestasi. Fasilitas belajar yang tidak memadai, memicu menurunnya motivasi belajar, hal tersebut memberikan dampak bagi hasil belajar mahasiswa. Ketersediaan fasilitas belajar dapat berbentuk fisik atau material yang memfasilitasi proses pembelajaran. Sarana belajar meliputi, alat peraga pengajaran, materi pembelajaran, perpustakaan, laboratorium, dan lain lain yang mendukung kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif dan maksimal. Fasilitas belajar yang memadai dapat memacu motivasi bagi mahasiswa serta dorongan kepada mahasiswa untuk giat belajar, Motivasi sangat diperlukan untuk mendorong mahasiswa meraih pencapaian yang diinginkan. Motivasi belajar juga dapat diartikan sebagai penggerak yang diaktifkan, mahasiswa membutuhkan motivasi yang kuat untuk memiliki prestasi belajar yang baik. Motivasi tersebut dapat berasal dari diri sendiri, orang tua ataupun teman, motivasi belajar yang kuat diharapkan dapat menambah semangat belajar mahasiswa. Metode:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fasilitas belajar dengan motivasi belajar mahasiswa keperawatan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskripsi analisis. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 150 responden. Hasil: Berdasarkan hasil analisis penelitian ini didapatkan bahwa terdapat hubungan yang siginifikan antara fasilitas belajar dan motivasi belajar dengan nilai p value sebesar 0,001 (<0,05), dan didapatkan nilai korelasi pearson sebesar 0.073 yang berarti memiliki tingkat keeratan sedang. Simpulan: Maka dapat disimpulkan bahwa fasilitas belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar pda mahasiswa keperawatan. Kata Kunci : fasilitas belajar, motivasi belajar Daftar Pustaka : 20 (2010-2020)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:44
Last Modified: 24 Jul 2023 07:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29792

Actions (login required)

View Item View Item