HUBUNGAN SELF MANAGEMENT BEHAVIOR DENGAN TINGKAT KECEMASAN DAN KUALITAS HIDUP PASIEN HEMODIALISIS DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

Sefia Salsabilla, Alya (2023) HUBUNGAN SELF MANAGEMENT BEHAVIOR DENGAN TINGKAT KECEMASAN DAN KUALITAS HIDUP PASIEN HEMODIALISIS DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900001_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900001_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Latar belakang : Hemodialisa merupakan salah satu terapi ( replacement treatment ) pada penderita gagal ginjal kronik stadium terminal dan terapi pengganti ginjal yang paling banyak dilakukan disamping peritoneal dialisis dan transplantasi ginjal disebagian besar negara di dunia. Self management behavior merupakan kemampuan seseorang secara holistic mengatur kondisi sakit dan perubahan pola hidup yang harus di jalani terkait penyakitnya. kecemasan adalah bentuk kekhawatiran yang tidak jelas dan menyebar yang berkaitan dengan perasaan tidak pasti dan tidak berdaya. . Kualitas hidup merupakan persepsi individu mengenai posisi mereka dalam konteks budaya dan tempat mereka hidup yang berhubungan dengan pencapaian, harapan, standar dan perhatian. Metode : Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain korelasional dan menggunakan metode pendekatan cross sectional. Pengambilan data menggunakan kuisioner dengan jumlah responden sebanyak 45. Teknik dari penelitian ini menggunakan Teknik total sampling dan diolah dengan statistic menggunakan korelasi uji sommer’s. Hasil : Dari data karakteristik responden dalam penelitian ini dengan jumlah 45 responden, didapatkan bahwa sebagian besar responden berusia 46-54 tahun sejumlah 19 orang (42,2%), sebagian besar responden berjenis kelamin laki-laki sejumlah 24 orang (53,3%). Simpulan : Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara self management behavior dengan tingkat kecemasan dan kualitas hidup pasien hemodialisa I Rumah Sakit Islam Sultn Agung Semarang, di tandai dengan p value < 0,05 dan dengan keeratan hubungan yang kuat 0,420 & 0,417 serta arah hubungannya positif. Kata kunci : Self management behavior, tingkat kecemasan, kualitas hidup Daftar Pustaka : 61(2005-2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:46
Last Modified: 24 Jul 2023 07:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29789

Actions (login required)

View Item View Item