ANALISIS EFEKTIVITAS MESIN BORDIR KOMPUTER MENGGUNAKAN METODE OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS (OEE) DAN SIX BIG LOSSES (Studi Kasus Pada Konfeksi Elmina Collection)

ATMAJA, NOVIAN DWI (2023) ANALISIS EFEKTIVITAS MESIN BORDIR KOMPUTER MENGGUNAKAN METODE OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS (OEE) DAN SIX BIG LOSSES (Studi Kasus Pada Konfeksi Elmina Collection). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601800073_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601800073_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)

Abstract

Perusahaan konfeksi Elmina Collection merupakan sebuah industri rumahan yang berlokasi di Desa Podo, Kec. Kedungwuni, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah. Elmina Collection memiliki dua jenis usaha yaitu pembuatan busana muslim baik anak-anak maupun dewasa serta pembuatan seragam sekolah dan pembordiran. Terjadinya kerusakan tersebut diakibatkan karena operator tidak melakukan perawatan rutin seperti aturan dari konfeksi. Operator hanya melakukan perawatan ketika terjadi kerusakan saja. Hal ini menimbulkan adanya downtime karena menunggu mesin diperbaiki sehingga akan mengakibatkan kerugian bagi perusahaan karena selain mengurangi tingkat efektivitas mesin bordir, kerusakan juga mengakibatkan biaya yang harus dikeluarkan cukup besar. Dari permasalahan tersebut dilakukan perhitungan nilai Overall Equipment Effectiveness (OEE) supaya bisa dilakukan analisa mengenai faktor terbesar penyebab terjadinya downtime. OEE sendiri adalah hasil perkalian dari variabel Availability (90%), Performance (95%), serta Quality (99%). Setelah melakukan perhitungan nilai OEE, kemudian dilakukan perhitungan nilai six big losses untuk mencari nilai losses tertinggi yang menyebabkan nilai OEE rendah. Kemudian dari nilai losses tertinggi dilakukan analisa fishbone diagram (diagram sebab akibat) untuk mengetahui faktor kerusakan sehingga bisa meminimalisir hal yang sama agar tidak terulang kedepannya. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan dari 2 mesin bordir komputer terdapat 1 mesin bordir Komputer yang memiliki nilai OEE nya dibawah 85 % yaitu mesin bordir komputer 1 (84,64%). Dari nilai tersebut dilakukan perhitungan six big losses yang menghasilkan nilai losses terbesar adalah nilai idling and minor stoppages losses sebesar 20,02 %. Setelah dilakukan analisa fishbone diagram dapat diketahui faktor penyebab idling and minor stoppages losses yaitu dari Manusia, Mesin, Metode, dan Bahan Baku. Serta dapat diberikan usulan untuk mencegah idling and minor stoppages losses dengan sering melakukan pembersihan di area produksi ketika selesai produksi, sering memberikan pelumasan pada mesin supaya tidak cepat aus, selalu mengecek kondisi mesin sebelum digunakan, dan lain-lain. Kata Kunci : Konfeksi Elmina Collection, Perawatan, OEE, Six Big Losses

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:46
Last Modified: 24 Jul 2023 07:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29788

Actions (login required)

View Item View Item