ANALISIS TINGKAT EFISIENSI SALURAN DISTRIBUSI PEMASARAN PRODUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) (STUDI KASUS UD. KTM(KATEEM))

NIKMAH, NISA ATUN (2023) ANALISIS TINGKAT EFISIENSI SALURAN DISTRIBUSI PEMASARAN PRODUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) (STUDI KASUS UD. KTM(KATEEM)). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601800070_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601800070_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

UD.KTM(KATEEM) merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang industri pengecoran logam dengan produk baling-baling kapal, yang terletak di Kecamatan Juwana, Pati, Jawa Tengah. UD.KTM(KATEEM) menggunakan sistem produksi Make to stock dan juga Make to order, UD.KTM(KATEEM) mengalami kesenjangan antara target kuntungan dengan realisasinya yang disebabkan karena adanya ketidaksesuaian pada biaya distribusi produk baling-baling kapal yang digunakan. Penggunaan biaya distribusi seminimal mungkin merupakan efisensi dari saluran distribusi. Tingkat efisiensi saluran distribusi akan mempengaruhi peningkatan keuntungan, sehingga UD.KTM(KATEEM) perlu melakukan pengukuran efisiensi pada tiap saluran distribusi. Berdasarkan hasil pengukuran efisiensi dengan metode Data Envelopment Analysis (DEA) dengan bantuan software Banxia Frontier Analyst yang tidak hanya dapat mengukur efisiensi namun juga dapat memperbaiki yang tidak efisien, hasil penelitian menunjukan bahwa dari 12 saluran distribusi terdapat 4 DMU yang Efisien, yaitu DMU 1 Pati, DMU 2 Jepara, DMU 4 Kendal dan DMU 6 Indramayu dengan skor 100%, sedangkan 8 saluran distribusi lainnya tidak efisien dengan skor dibawah 100%. Tidak efisiennya saluran distribusi disebabkan oleh faktor-faktor jumlah reseller, dan biaya distribusi. Usulan perbaikan dilakukan bagi saluran distribusi yang tidak efisien hingga menjadi efisien dengan mengurangi mengurangi biaya distribusi pada masing-masing saluran distribusi. Kata Kunci : Banxia Frontier Analyst, Data Envelopment Analysis (DEA), Efisiensi, Saluran Distribusi, UD. KTM(KATEEM),

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:49
Last Modified: 24 Jul 2023 07:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29785

Actions (login required)

View Item View Item