PRATAMA, ASANG YUDHA (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEMAKAI JASA PARKIR ATAS PENCANTUMAN KLAUSULA BAKU. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
|
Text
30301900057_fullpdf.pdf Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan dunia dalam bidang jasa semakin berkembang pesat, terutama dalam bidang perparkiran. Dimana semakin banyak jumlah kendaraan yang ada, sehingga mempengaruhi jumlah lahan parkir yang dibutuhkan. Perparkiran sendiri tidak hanya digunakan untuk melayani konsumen untuk menitipkan kendaraannya, namun juga digunakan sebagai lahan bisnis yang menjanjikan bagi para pengusaha. Layanan jasa parkir termasuk dalam suatu perjanjian yang menimbulkan hubungan hukum antara konsumen dan pengelola parkir. Dalam pelaksanaan jasa parkir terdapat klausula baku yang terdapat dalam karcis. Klausula baku tersebut menjadi suatu keresahan bagi konsumen. Klausula baku dilarang dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap konsumen apabila mengalami kehilangan atau kerusakan di tempat parkir dan untuk mengetahui hambatan dalam penyelesaian apabila terjadi kehilangan atau kerusakan barang atau motor yang hilang di tempat parkir. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normative. Spesifikasi penelitian bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlindungan hukum bagi konsumen apabila terjadi kerusakan atau kehilangan barang maupun kendaraan adalah menjadi tanggung jawab pengelola parkir. Sebab pengelola parkir berkewajiban untuk menjaga dan memelihara kendaraan atau barang titipan, serta mengembalikannya sesuai dengan saat barang atau kendaraan tersebut dititipkan. Konsumen dapat melakukan gugatan dan pengelola parkir wajib memberikan ganti kerugian. Penyelesaian sengketa dapat dilakukan secara litigasi ataupun non litigasi. Kemudian terdapat hambatan dalam penyelesaian sengketa apabila terjadi kehilangan atau kerusakan, yaitu pengelola parkir tidak bertanggung jawab, tidak adanya bukti, dan pengelola parkir berlindung dari klausula baku. Kata Kunci: Parkir, Klausula Baku, Perjanjian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 02:59 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 02:59 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29772 |
Actions (login required)
View Item |