PENYIDIKAN TERHADAP TINDAK PIDANA EKSPLOITASI TERUMBU KARANG DALAM UNDANG-UNDANG NOMOR 27 TAHUN 2007 TENTANG PENGELOLAAN WILAYAH PESISIR DAN PULAU-PULAU KECIL (Studi Kasus Satpolairud Polres Jepara)

Prasetya, Arya Adhi (2023) PENYIDIKAN TERHADAP TINDAK PIDANA EKSPLOITASI TERUMBU KARANG DALAM UNDANG-UNDANG NOMOR 27 TAHUN 2007 TENTANG PENGELOLAAN WILAYAH PESISIR DAN PULAU-PULAU KECIL (Studi Kasus Satpolairud Polres Jepara). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
30301900055_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Eksploitasi terumbu karang merupakan salah satu penyebab rusaknya ekosistem dan lingkungan di laut, oleh karena itu perlu diadakan penegakan hukum yang lebih tegas terhadap para pelaku tindak pidana eksploitasi terumbu karang. Untuk melakukan penindakan hukum yang tegas maka awal dari penindakan hukum tersebut dilakukan terlebih dahulu penyidikan oleh Polisi. Oleh karena itu dibuatlah penelitian ini yang berjudul Penyidikan Terhadap Tindak Pidana Eksploitasi Terumbu Karang Dalam Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2007 Tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir Dan Pulau-Pulau Kecil bertujuan untuk mengetahui proses atau tahapan dalam penyidikan pada tindak pidana eksploitasi terumbu karang oleh Satpolairud Polres Jepara, serta untuk mengetahui kendala yang ditemukan pada saat berlangsungnya proses penyidkan beserta solusi untuk mengatasi kendala yang ditemukan dalam penyidikan tindak pidana eksploitasi terumbu karang oleh Satpolairud Polres Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Lokasi penelitian ini adalah dengan memilih instansi terkait dengan perkara ini yakni Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah dan Kantor Sat Polair Polres Jepara dengan melakukan wawancara dan pengumpulan data yang berkaitan dengan penyidikan terhadap tindak pidana eksploitasi terumbu karang. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam proses penyidikan yang dilakukan oleh Satuan Kepolisian Perairan Polres Jepara terhadap kasus tindak pidana eksploitasi terumbu karang yang terjadi di Kabupaten Jepara dijalankan secara bertahap sesuai dengan prosedur yang berlaku di Sat Polairud Polres Jepara yakni dimulai dengan dari diterimanya laporan, melakukan proses penyelidikan, melakukan proses penyidikan, pengiriman SPDP, gelar perkara dan pemeriksaan tersangka, saksi, dan ahli , penyelesaian berkas perkara, menyerahkan berkas perkara ke penuntut umum dan yang terahir adalah tahap penyerahan tersangka dan barang butki serta penghentian penyidikan. Terdapat juga kendala dalam proses penyidikan pada tindak pidana eksploitasi terumbu yang dilakukan oleh Satpolairud Polres Jepara yakni pada tahap pemeriksaan sebagaimana hambatan tersebut mengenai kurangnya pengetahuan penyidik dalam menentukan pasal beserta pemenuhan unsur tindak pidananya dan kendala lain yang didapati yaitu kurangnya partisipasi saksi dalam memberikan kesaksian dalam tahap pemeriksaan karena takut akan adanya ancaman dari tersangka. Kata kunci : penyidikan, eksploitasi terumbu karang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jul 2023 02:59
Last Modified: 24 Jul 2023 02:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29771

Actions (login required)

View Item View Item