PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK SEBAGAI PELAKU TINDAK PIDANA KEKERASAN DALAM PROSES PENYIDIKAN (Studi kasus di Kepolisian Resor Rembang)

Wicaksana, Alvin Nur (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK SEBAGAI PELAKU TINDAK PIDANA KEKERASAN DALAM PROSES PENYIDIKAN (Studi kasus di Kepolisian Resor Rembang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text
30301900038_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kekerasan adalah suatu tindakan melukai fisik seseorang secara sengaja ataupun tidak sengaja yang telah diatur dalam KUHP Pasal 336. Kekerasan juga dilakukan olah seorang anak. Kepolisian sebagai lembaga yang berwenang dalam proses penyidikan juga menyelidiki seorang anak pelaku tindak pidana kekerasan, proses penyidikan terhadap anak berbeda dengan orang dewasa. Maka dari itu pada penulisan ini mempunyai rumusan masalah yang diangkat adalah bagaimana perlindungan hukum terhadap terhadap anak pelaku tindak pidana kekerasan dalam proses penyidikan dan apa saja kendalanya. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah yuridis sosiologis pendekatan ini adalah menekankan penelitian yang bertujuan memperoleh pengetahuan hukum secara empiris dengan jalan terjun langsung ke objeknya. Sumber data penelitian ini diantaranya data primer dari hasil studi lapangan diperoleh dari penyidik (polisi) juga pelaku (tersangka) dan data sekunder yang merupakan bahan hukum yang paling banyak digunakan dalam penelitian ini, meliputi buku, artikel ilmiah, dan makalah terkait. Spesifikasi penelitian ini bersifat deskriptif analitis, yakni mendeskripsikan data yang diperoleh dari hasil pengamatan, wawancara, dokumen dan catatan lapangan, adapun lokasi penelitian adalah Kepolisian Resor Rembang. Dari hasil penelitian didapatkan perlindungan hukum terhadap anak pelaku tindak pidana kekerasan dalam proses penyidikan yang ditangani Kepolisian Resor Rembang mengutamakan perlindungan terhadap anak, Penyidik yang diberikan wewenang oleh undang-undang serta diusahakan dilaksanakan oleh Polisi wanita dan beberapa hal jika perlu dengan bantuan Polisi Pria. Kemudian dalam Proses Penyidikan, Penyidikan harus dikemas dalam suasana kekeluargaan, menghormati dan memberikan hak-hak anak pelaku. Artinya Kepolisian Resor Rembang sudah melaksanakan sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan oleh undang-undang, dan harus mengutamakan perlindungan terhadap anak, untuk faktor yang dihadapi yaitu hukumnya, penegak hukum, masyarakat, dan fasilitas. Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Proses Penyidikan, Perlindungan Anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jul 2023 03:01
Last Modified: 24 Jul 2023 03:01
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29766

Actions (login required)

View Item View Item