TINJAUAN HUKUM PEMIDANAAN TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENCEMARAN NAMA BAIK MELALUI MEDIA SOSIAL (Studi Putusan Pengadilan Negeri Mamuju Nomor 320/Pid.B/2020/PN Mam)

DWIJAYA, AGUNG ANANTA (2023) TINJAUAN HUKUM PEMIDANAAN TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENCEMARAN NAMA BAIK MELALUI MEDIA SOSIAL (Studi Putusan Pengadilan Negeri Mamuju Nomor 320/Pid.B/2020/PN Mam). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text
30301900015_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tindak pidana pencemaran nama baik melalui media sosial termasuk kategori tindak pidana cyber yang diatur dalam Pasal 27 ayat (3). Sebagaimana diketahui pencemaran adalah bagian dari penghinaan, dengan demikian juga penghinaan ringan. Oleh karena itu perbuatan dan objek pada penghinaan ringan adalah sama dengan perbuatan dan objek pencemaran. Informasi Transaksi dan Elektronik bisa dilakukan oleh siapa saja atau semua kalangan masyarakat, karena kemudahan fasilitas dan kemudahan mengakses informasi. Masalah ini sangat penting karena yang menjadi korbannya adalah semua golongan masyarakat, masyarakat golongan bawah maupun golongan atas. Masyarakat yang harus diperhatikan, dilindungi, dan dijaga dari segala tindakan yang dapat merugikannya. Metode pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan Yuridis Normatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dasar hukum yang diterapkan oleh hakim dalam mempertimbangkan penjatuhan pidana dan proses pemidanaan mengenai tindak pidana pencemaran nama baik dalam media sosial pada Putusan Nomor 320/Pid.B/2020/PN Mam. Dasar hukum sebagai pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana pencemaran nama baik melalui media sosial harus sesuai dengan fakta hukum yang terungkap di pengadilan. Sehingga Majelis Hakim dengan memperhatikan fakta-fakta hukum sebagai pertimbangan penjatuhan pidana dan proses pemidanaan yang ada. Penerapan hukum tentang tindak pidana pencemaran nama baik melalui media sosial dalam putusan Nomor 320/Pid.B/2020/PN Mam unsur-unsurnya sudah terpenuhi setelah diperiksa oleh Hakim di persidangan. Pidana yang dijatuhkan kepada Terdakwa yaitu pidana penjara selama 6 Bulan. Kata kunci : Tindak Pidana, Pencemaran nama baik, Pertimbangan Hakim, Proses pemidanaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:33
Last Modified: 21 Jul 2023 03:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29764

Actions (login required)

View Item View Item