PENGARUH GOOD GOVERNANCE DAN KOMPETENSI PERANGKAT DESA TERHADAP EFEKTIVITAS PENGELOLAAN DANA DESA (STUDI KASUS KABUPATEN WONOSOBO)

Fuad, Muhamad Nasrul (2022) PENGARUH GOOD GOVERNANCE DAN KOMPETENSI PERANGKAT DESA TERHADAP EFEKTIVITAS PENGELOLAAN DANA DESA (STUDI KASUS KABUPATEN WONOSOBO). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Akuntansi_31401900005_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Akuntansi_31401900005_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)

Abstract

Efektivitas pengelolaan dana desa adalah sebuah pencapaian atas program kerja pemerintahan sesuai dengan target yang sudah ditentukan dengan membandingkan antara keluarran terhadap hasil. Pengelolaan dana desa di Indonesia masih belum sepenuhnya efektif, Indonesia Corruption Watch (ICW) menyebutkan bahwa dana desa menjadi sektor yang paling banyak dikorupsi sebab dari tahun ketahun mengalami kenaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruh efektivitasi pengelolaan dana desa antara lain akuntabilitas, partisipasi masyarakat, transparansi, dani kompetensi perangkat desa. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kuantitatif dengan metode pendekatan deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah desa yang berasal dari Kecamatan Sapuran dan Kecamatan Wonosobo di Kabupaten Wonosobo. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yang menghasilkan 92 responden atau perangkat desa. Data yang diolah merupakan data primer. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan perangkat program IBM SPSS Statistic 25. Hasil penelitian memperoleh bahwa akuntabilitas, partisipasif masyarakat, transparansi, dan kompetensi berpengaruh positif signifikan terhadapi efektivitas pengelolaan dana desa. Katak Kunci: Efektivitas Pengelolaan Dana Desa, Akuntabilitas, Partisipasi Masyarakat, Transparansi, dan Kompetensi perangkat desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:43
Last Modified: 20 Jul 2023 03:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29760

Actions (login required)

View Item View Item