PENGARUH ZAKAT SEBAGAI PENGURANG PENGHASILAN KENA PAJAK, KECERDASAN SPIRITUAL, DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Empiris pada WPOP KPP Pratama Semarang Timur)

Setyoningrum, Rosita (2022) PENGARUH ZAKAT SEBAGAI PENGURANG PENGHASILAN KENA PAJAK, KECERDASAN SPIRITUAL, DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Empiris pada WPOP KPP Pratama Semarang Timur). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Akuntansi_31401800305_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Akuntansi_31401800305_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh zakat sebagai pengurang penghasilan kena pajak, kecerdasan spiritual, dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi . Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan meminta kesediaan pihak responden untuk dijadikan responden dengan mengisi kuesioner.sejumlah 21.637. Sampel minimal yang diperoleh dari rumus RAO diperoleh sebanyak 100 responden (WPOP). Teknik pengambilan sampel yang digunakan dengan meminta kesediaan pihak responden untuk dijadikan responden dengan mengisi kuesioner. Analisis penelitian menggunakan statistic deskriptif, uji asumsi klasik dam uji regresi linier berganda. Zakat sebagai pengurang penghasilan kena pajak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Untuk X1 terhadap Y adalah dengan nilai signifikan 0,041 kurang daari 0,05 dan nilai T hitung 2,076 lebih besar dari Ttabel 1,985. Kecerdasan spiritual berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak dengan diketahui bahwa X2 terhadap Y adalah dengan nilai signifikan 0,000 kurang dari 0,05 dan nilai T hitung 6,463 lebih besar dari nilai Ttabel 1,985. Sanksi Perpajakan berpengaruh pada kepatuhan wajib pajak dengan nilai diketahui nilai sig. Untuk X3 terhadap Y adalah dengan nilai signifikan sebesar 0,000 lbih kecil dari 0,05 dan nilai T hitung 4,934 > lebih besar dari nilai T tabel 1,985. Zakat Sebagai Pengurang Penghasilan Kena Pajak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Kecerdasan Spiritual memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Hasil pengetehuan tentang peraturan pajak dengan baik menjadikan peserta wajib pajak dapat patuh dalam membayar zakat. Sanksi Perpajakan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Kata Kunci: Zakat sebagai pengurang penghasilan kena pajak, Kecerdasan spiritual, Sanksi perpajakan, Kepatuhan wajib pajak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:42
Last Modified: 20 Jul 2023 03:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29759

Actions (login required)

View Item View Item