PENGARUH PEMAHAMAN DAN PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI, PENGETAHUAN AKUNTANSI, KEMAMPUAN BERWIRAUSAHA, DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP KINERJA UMKM DI KABUPATEN BREBES

Rizaldi, Rifki Faisal (2023) PENGARUH PEMAHAMAN DAN PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI, PENGETAHUAN AKUNTANSI, KEMAMPUAN BERWIRAUSAHA, DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP KINERJA UMKM DI KABUPATEN BREBES. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Akuntansi_31401800147_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Akuntansi_31401800147_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)

Abstract

UMKM menjadi penopang bagi perekonomian masyarakat Indonesia, dengan proses produksi yang sederhana, menjadikan UMKM sebagai sektor perekonomian masyarakat kecil dengan sumber daya lokal yang selanjutnya produknya juga dijual lokal, sudah sanggup untuk bergerak dan terus bertahan di tengah maraknya krisis ekonomi. Jenis penelitian yang digunakan menggunakan kuantitatif. Dengan populasi UMKM yang aktif dan tercatat di Dinkopundag Brebes 2021 dan sampel sebanyak 110 responden. Hasil uji asumsi klasik pada uji normalitas kolmogorov smirnov dan normal probability plot terdistribusi normal. Kemudian hasil uji multikolonieritas pada masing-masing variabel independen tidak terjadi multikolonieritas. Lalu hasil uji heteroskedastisitas glejser pada masing-masing variabel independen dan scatterplot tidak terjadi heteroskedastisitas. Hasil uji kualitas data pada uji validitas di setiap masing-masing variabel dinyatakan valid. Kemudian hasil uji reliabilitas pada masing-masing variabel dinyatakan reliabel. Hasil uji kelayakan model pada uji f diterima, kemudian nilai adjusted r square 89,2%. Hasil uji t pada masing-masing variabel independen diterima. Kata kunci : Pemahaman, Penerapan, UMKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:43
Last Modified: 17 Jul 2023 07:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29746

Actions (login required)

View Item View Item