PENGARUH KOMPETENSI, SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, DAN MORALITAS TERHADAP PENCEGAHAN TERJADINYA FRAUD DALAM ALOKASI DANA DESA (Studi Empiris di Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati)

Mustaqin, Khoyrul (2022) PENGARUH KOMPETENSI, SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, DAN MORALITAS TERHADAP PENCEGAHAN TERJADINYA FRAUD DALAM ALOKASI DANA DESA (Studi Empiris di Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Akuntansi_31401800084_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akuntansi_31401800084_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB)

Abstract

Jumlah alokasi dana desa yang terhitung cukup besar tersebut menjadi tanggung jawab besar bagi aparat desa untuk mengelola dana desa tersebut. Dari situasi seperti ini dapat memungkinkan timbulnya potensi bagi pemerintah desa untuk melakukan penyimpangan. Penyimpangan tersebut dapat terjadi secara individu bahkan yang paling riskan yaitu secara kelompok. hal ini terjadi karena 3 kondisi yang biasa disebut dengan istilah “Fraud Triangle” oleh Cressey tahun 1953 yaitu adanya kesempatan (opportunity), adanya tekanan (pressure) dan karena sikap atau karakter (rationalization), sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel kompetensi aparatur desa, sistem pengendalian internal, dan moralitas berpengaruh positif atau tidak terhadap pencegahan kecurangan ( fraud ). Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling, teknik non probability sampling yang digunakan adalah metode convenience sampling yaitu teknik pengambilan sampel penelitian berdasarkan pada ketersediaan elemen dan kemudahan untuk mendapatkannya. Sampel yang dipilih karena keberadaan dari orang atau unit tersebut ada pada tempat dan di waktu yang tepat sehingga mudah untuk ditemui serta secara langsung terlibat dalam pengelolaan dana Desa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kompetensi aparatur desa berpengaruh negatif signifikan terhadap pencegahan kecurangan, selain itu sistem pengendalian internal berpengaruh positif signifikan terhadap pencegahan kecurangan, sedangkan moralitas berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap pencegahan kecurangan (fraud). Kata kunci: kompetensi perangkat desa, sistem pengendalian intern, moralitas, pencegahan kecurangan dalam alokasi dana desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:30
Last Modified: 17 Jul 2023 06:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29738

Actions (login required)

View Item View Item