PENGARUH KEADILAN PAJAK DAN NORMA SUBJEKTIF TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DENGAN NIAT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus Di Kelurahan Tarub Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan)

Pertiwi, Febri Indah (2022) PENGARUH KEADILAN PAJAK DAN NORMA SUBJEKTIF TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DENGAN NIAT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus Di Kelurahan Tarub Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Akuntansi_31401800067_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akuntansi_31401800067_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak bumi dan bangunan (PBB). variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah keadilan pajak, norma subjektif dan juga niat untuk patuh sebagai variabel mediasi yang bertujuan mengetahui pengaruh keadilan pajak dan norma subjektif terhadap kepatuhan pajak melalui niat untuk patuh. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan data primer yang didapatkan dari penyebaran kuesioner yang ditujukan kepada wajib pajak yang berkewajiban membayar pajak bumi dan bangunan di desa Tarub. Populasi dalam penelitian ini adalah 4324 wajib pajak di desa Tarub. Teknik pengumpulan sampel menggunakan metode purposive sampling yang diperoleh responden sebanyak 116 wajib pajak. Model regresi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 19. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keadilan pajak dan norma subjektif berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Keadilan pajak berpengaruh terhadap niat untuk patuh sedangkan norma subjektif tidak berpengaruh terhadap niat untuk patuh. Niat untuk patuh mampu memediasi keadilan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak namun tidak mampu memediasi pengaruh norma subjektif terhadap kepatuhan wajib pajak. Kata Kunci : Keadilan Pajak, Norma Subjektif, Niat Untuk Patuh, Kepatuhan Wajib Pajak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:52
Last Modified: 17 Jul 2023 03:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29734

Actions (login required)

View Item View Item