PENGARUH TRANSPARANSI, AKUNTABILITAS, PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN DANA DESA DAN KEBIJAKAN DESA TERHADAP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Studi Kasus Pada Desa di Kecamatan Bonang Kabupaten Demak Tahun 2022)

Umam, Moh Khoerul (2023) PENGARUH TRANSPARANSI, AKUNTABILITAS, PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN DANA DESA DAN KEBIJAKAN DESA TERHADAP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Studi Kasus Pada Desa di Kecamatan Bonang Kabupaten Demak Tahun 2022). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Akuntansi_31401700111_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akuntansi_31401700111_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh transparansi, akuntabilitas, partisipasi masyarakat dalam pengelolaan dana desa dan kebijakan desa terhadap pemberdayaan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, pengumpulan data dilakukan melalui survei yang diperoleh dengan cara penyebaran kuesioner kepada responden. Responden dalam penelitian ini yaitu Kepala Desa, Sekretaris Desa, Bendahara Desa, dan KASI program dengan jumlah kuesioner yang disebar sebanyak 105 kuesioner. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier berganda dengan aplikasi SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel transparansi, akuntabilitas dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan dana desa berpengaruh positif terhadap pemberdayaan masyarakat. Sedangkan variabel kebijakan desa tidak berpengaruh positif terhadap pemberdayaan masyarakat. Kata kunci : Transparansi, Akuntabilitas, Partisipasi Masyarakat, kebijakan desa, Pemberdayaan Masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:20
Last Modified: 17 Jul 2023 03:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29721

Actions (login required)

View Item View Item