PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, ASIMETRI INFORMASI, DAN PREMANAGED EARNINGS TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Periode 2015-2020)

Zayyan, Adhistia Naufal (2022) PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, ASIMETRI INFORMASI, DAN PREMANAGED EARNINGS TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Periode 2015-2020). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Akuntansi_31401606292_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
Akuntansi_31401606292_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Manajemen laba adalah upaya manajer perusahaan untuk mengintervensi atau mempengaruhi informasi dalam laporan keuangan dengan tujuan untuk membohongi stakeholder yang ingin mengetahui kinerja dan kondisi perusahaan. Istilah intervensi digunakan sebagai dasar sebagian pihak untuk menilai manajemen laba sebagai kecurangan. Alasannya intervensi itu dilakukan manajer perusahaan dalam kerangka standar akuntansi, yaitu masih menggunakan metode dan prosedur akuntansi yang diterima dan diakui secara umum. Jenis penelitian kuantitatif berbentuk asosiatif, populasi penelitian perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) 2015 sampai dengan 2020. Sampel dalam penelitian 13 perusahaan selama 6 tahun pengamatan sehingga total sampel 78 perusahaan. Data penelitian adalah sekunder. Pengambilan sampel menggunakan teknik porposive sampling. Metode pengumpulan data adalah dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis dengan bantuan program SPSS versi 24. Hasil uji statistik deskriptif menunjukan penyebaran data normal, hasil uji asumsi klasik distribusi normal dan tidak terjadi gejala, hasil uji regresi linier berganda adalah bukan penjelas yang signifikan. Hasil uji hipotesis yaitu: (1) leverage tidak berpengaruh positif dan signifikan pada manajemen laba, (2) ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan pada manajemen laba, (3) asimetri informasi tidak berpengaruh positif signifikan pada manajemen laba, (4) premanaged earnings tidak berpengaruh negative dan signifikan pada manajemen laba. Kata kunci : Leverage, Ukuran Perusahaan, Asimetri Informasi, Premanaged Earnings, Manajemen Laba.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:18
Last Modified: 17 Jul 2023 02:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29706

Actions (login required)

View Item View Item