PROTOTIPE VENTILATOR PORTABEL BERBASIS LOGIKA FUZZY UNTUK VOLUME TIDAL (VT) DAN CONTINOUS POSITIVE AIRWAY PRESSURE (CPAP)

Abdul Fatah, Lukman (2022) PROTOTIPE VENTILATOR PORTABEL BERBASIS LOGIKA FUZZY UNTUK VOLUME TIDAL (VT) DAN CONTINOUS POSITIVE AIRWAY PRESSURE (CPAP). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Teknik Elektro_20601800021_fullpdf.pdf

Download (15MB)
[img] Text
Magister Teknik Elektro_20601800021_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)

Abstract

Kendali volume tidal dan tekanan yang sesuai dengan nilai yang diinginkan pada alat ventilasi manual relatif sulit dilakukan. Beberapa metode penelitian dalam pembuatan ventilator portabel sebelumnya tidak menerapkan sistem kendali pintar, hanya berdasarkan hasil kalibrasi. Akibatnya banyak ventilator portabel yang menghasilkan nilai volume tidal dan tekanan udara yang tidak akurat. Untuk mengatasi hal tersebut, maka perlu dirancang ventilator yang menerapkan sistem kendali pintar. Dalam penelitian ini dirancang sebuah ventilator portabel yang menerapkan sistem kendali logika fuzzy untuk volume tidal dan tekanan udara. Sistem kendali dilakukan dengan menggunakan variabel Error dan Delta Error sebagai input Fuzzy Logic. Sinyal penggerak motor DC di dalam kompresor sentrifugal di-adjust oleh sinyal hasil defuzifikasi untuk didapatkan nilai tekanan yang sama dengan nilai yang dikehendaki. Hasil pengujian skala lab menunjukan bahwa sistem kendali volume tidal dengan logika fuzzy mampu mengendalikan volume udara dengan rata-rata error sebesar 2.1% dibandingkan dengan metoda manual (on-off) sebesar 11.2%. Sedangkan tekanan udara (CPAP) dengan logika fuzzy mampu mengendalikan tekanan rata-rata error sebesar 1.5% dibandingkan dengan metoda manual (on-off) sebesar 7.4%. Dengan demikian mode kontrol logika fuzzy mampu meningkatkan akurasi tekanan pada portable ventilator. Kata kunci: Portable Ventilator, Fuzzy Logic, CPAP, Volume Tidal

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Pascasarjana > Magister Teknik elektro
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:48
Last Modified: 17 Jul 2023 03:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29705

Actions (login required)

View Item View Item