IMPLEMENTASI JARINGAN SYARAF TIRUAN SEBAGAI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN KESEHATAN SUHU TUBUH BAYI PADA INKUBATOR

Sudrajat, Amin (2022) IMPLEMENTASI JARINGAN SYARAF TIRUAN SEBAGAI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN KESEHATAN SUHU TUBUH BAYI PADA INKUBATOR. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Teknik Elektro_20601800010_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Magister Teknik Elektro_20601800010_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi adalah Sistem Monitoring Inkubator Bayi (SMIB) yang ada saat ini belum mengimplementasikan kecerdasan buatan sebagai sistem pendukung keputusan atau Decision Support System (DSS) bagi perawat atau dokter, sehingga perawat atau dokter dalam menentukan tindakan medis harus tetap memantau dan melihat perkembangan bayi secara manual. Sistem seperti ini mempunyai tingkat akurasi yang rendah. Solusi dari permasalahan ini adalah dikembangkanya prototype (SMIB) yang mempunyai tingkat akurasi yang tinggi. Judul Penelitian ini adalah Implementasi Jaringan Syaraf Tiruan sebagai Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Kesehatan Suhu Tubuh Bayi pada Inkubator. Penelitian ini menggunakan parameter suhu ruang inkubator (Tr), Suhu Skin (Ts), Heart Rate (Hr) sebagai input dan kondisi hipotermia berat (h3), kondisi hipotermia sedang (h2), kondisi hipotermia ringan (h1), kondisi normal (n), kondisi hipertermia (H1), kondisi hipertermia berat (H2) sebagai output. Penelitian ini menggunakan metode literatur dan konstruktif dengan membangun dan menguji alat monitoring kesehatan bayi menggunakan JST. Hasil pada penelitian ini adalah nilai MSE (Mean Square Error) pelatihan pada penelitian adalah sebesar 0,0021441 pada epoch ke 680. Nilai korelasi hasil pelatihan JST yaitu sebesar 0,988 pada proses pelatihan dan 0,963 pada proses pengujian sehingga tingkat korelasi antara nilai target dan output sangat kuat . JST yang diimplementasikan pada SMIB ini mampu meningkatkan akurasi monitoring kesehatan bayi menjadi sebesar 98,8% untuk hasil pelatihan & 96,3% untuk hasil pengujian. Dengan demikian SMIB berbasis JST dapat diterapkan untuk hasil monitoring yang lebih akurat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Pascasarjana > Magister Teknik elektro
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jul 2023 06:58
Last Modified: 13 Jul 2023 06:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29696

Actions (login required)

View Item View Item